Lukisan “Concept of Diary” Karya Willy Himawan

Concept of Diary - Willy Himawan
0 1.264

Lukisan “Concept of Diary” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Willy Himawan.

Concept of Diary – Willy Himawan
  • Pelukis : Willy Himawan
  • Judul : “Concept of Diary”
  • Tahun : 2015
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 140 x 100 cm

Deskripsi Lukisan “Concept of Diary”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya realisme, abstrak, kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media cat minyak di atas kanvas.

Lukisan-lukisan Willy Himawan periode ini menampilkan kesederhanaan meski cukup rumit dalam pewacanaan juga konteks karyanya. Ia seperti sedang memeriksa persoalan seni lukis beyond the paintings itself pada karyanya sendiri.

Tema Lukisan

Willy adalah Salah satu seniman asal utara Bali yang selalu mengamati persoalan seni rupa Bali dengan perspektif kritik terhadap citraan pariwisata.

Karya-karyanya selalu terhubung dengan persoalan hegemoni pariwisata di Bali, sejarah seni lukis Bali (sebelum Moii Indie) yang dimarjinalkan menjadi seni rupa tradisional juga identitas modernitas yang tak henti pada karya-karya seniman Bali.

Willy Himawan menyajikan karya-karya seni lukis terbarunya – masih juga membawa konten kritik terhadap identitas ketradisian seni rupa Bali yang tergeser oleh pembangunan pariwisata yang tak pernah tuntas.

Teknik Lukisan

Bidang-bidang warna dengan sapuan kuas sepertinya memang mengabstraksi warna-warni persoalan seni lukis Bali. Sebuah metode representasional dalam karya seni rupa Bandung dimana Willy Himawan berkarya. Kemudian penampang visual diaspora Bali di dalam lukisan-lukisan Willy Himawan nampaknya diwakili melalui kehadiran bidang-bidang abstrak itu. Willy Himawan juga sejarah seni rupa Bali memang tidak bisa menyanggah mereka yang datang dan meninggalkan jejak artistik pada irisan sejarah seni rupa Bali. Mereka, sebagai sang Liyan, seperti entitas keindahan yang membuat mabuk seni rupa Bali untuk tetap ringkih dalam wacana seni rupa Indonesia.

Willy Himawan secara terstruktur meneruskan latar belakang konten lukisannya mengenai bahasa estetika diaspora yang dianggap mempengaruhi laju perkembangan seni rupa Bali hingga saat ini. Willy Himawan mencatat bahwa, pelukis diaspora Bali sejak awal, tahun 1970-an, keberadaannya dilandasi oleh keinginan untuk menjadi bagian dari globalisasi dengan berada di luar Bali. Sejatinya, identitas diaspora itu adalah persoalan tentang diri yang bersentuhan dengan berbagai pilihan yang sangat terbuka.

Willy Himawan, menggunakan referensi kajian yang dilakukan oleh Adrian Vickers untuk merevitalisasi sejarah seni lukis Bali – salah satu fakta sejarah seni lukis modern Indonesia yang berkembang di luar Jawa pada masa kolonial.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/willy-himawan https://artspace.id/2018/10/09/tradisi-dalam-citraan-dan-diaspora-bali/
Comments
Loading...