Lukisan “Connect the Story, Piling Image” (Awan Yozeffani)

Connect the Story, Piling Image - Awan Yozeffani
0 2.469

Lukisan Connect the Story, Piling Image merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Awan Yozeffani.

Connect the Story, Piling Image – Awan Yozeffani
  • Pelukis : Awan Yozeffani
  • Judul : “Connect the Story, Piling Image”
  • Tahun : 2017
  • Media : Acrylic and Marker on Canvas
  • Ukuran : 61 H x 27.6 W x 0.1 in

Deskripsi Lukisan Connect the Story, Piling Image

Lukisan ini merupakan lukisan popular culture, kolase dengan gaya figurative, pop art dan street art. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Dalam lukisan kolase ini pelukis ini menggambarkan tentang hubungan cerita dalam tumpukan gambar.

Makna Tersirat

Kolase adalah komposisi artistik yang dibuat dari bermacam-macam bahan, seperti kertas, kain, kaca, logam, kayu, dan lainnya yang ditempelkan pada permukaan gambar. Kolase adalah karya seni rupa dua dimensi yang menggunakan bermacam-macam macam paduan bahan. Selama bahan itu dapat dipadukan dengan bahan dasar, akan menjadi karya seni kolase yang dapat mewakili persaan estetis orang yang membuatnya.

Seni kolase berlawanan sifatnya dengan seni lukis, pahat atau cetak dimana karya yang dihasilkan tidak lagi memperlihatkan bentuk asal material yang dipakai. Pada seni lukis, misalnya, dari kanvas putih menjadi lukisan yang berwarna-warni. Dalam seni kolase bentuk asli dari material yang digunakan harus tetap terlihat. Jadi kalau menggunakan kerang-kerangan atau potongan-potongan foto, material itu wajib masih dapat dikenali bentuk aslinya meskipun sudah dirakit menjadi satu kesatuan.

Dalam sejarahnya, seni kolase berkembang pesat di Venice, Italia, kirakira pada abad 17. Selanjutnya seni ini kian berkembang di Perancis, Inggris, Jerman, dan kota-kota lain di Eropa. Kolase menjadi media yang digemari kalangan seniman karna unik dan menuntut kreativitas tinggi. Pelukis Pablo Picasso, Georges Braque dan Max Ernst terkenal dengan karya lukis memakai teknik kolase kertas, kain dan bermacam-macam objek lainnya. Henri Mattise adalah salah satu seniman yang beralih kepada seni kolase saat jari-jari tangannya terserang arthritis sehingga tidak mampu melukis lagi.

Pemanfaatan bahan baku kolase yang bermacam-macam akan menghasilkan karakter bentuk kolase yang unik dan menarik. Warna adalah unsur rupa yang penting dan salah satu wujud keindahan yang dapat dicerap oleh indera penglihatan manusia. Warna secara nyata dapat dibedakan menjadi warna primer, sekunder dan tertier. Unsur warna pada kolase dapat diwujudkan dari unsur cat, pita/renda, kertas warna, kain warna-warni dan sebagainya seperti dalam lukisan ini.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia

Source Saatchiart https://www.saatchiart.com/art/Painting-Connect-the-story-Piling-image/920728/3397934/view https://ratihwidyan.wordpress.com/2016/01/24/pengertian-montase-kolase-mozaik/
Comments
Loading...