Lukisan “Construction Land Grab” (Rudi Maryanto)

Construction Land Grab - Rudi Maryanto
0 4.960

Lukisan Construction Land Grab merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Rudi Maryanto.

Construction Land Grab – Rudi Maryanto
  • Pelukis : Rudi Maryanto
  • Judul : “Construction Land Grab”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 59.1 H x 47.2 W x 2 in

Deskripsi Lukisan Construction Land Grab

Lukisan ini merupakan lukisan pop kultur / selebriti dengan gaya impressionisme. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis mencoba menggambarkan imajinasinya tentang perkembangan pembangunan yang menggusur daratan.

Makna Lukisan

Kehidupan manusia tidak bisa terlepas dari lingkungan sekitarnya. Maka dari itu kita sebagai makhluk hidup harus dapat menjaga kelestarian lingkungan alam tempat kita tinggal. Terutama ekosistem tanah yang merupakan lahan berpijak dan lahan kita membuat tempat tinggal. Pembangunan-pembangunan  yang di dirikan untuk memenuhi kebutuhan kita sebagai makhluk hidup terus dilakukan namun banyaknya manusia yang tidak bertanggung jawab atas pembangunan yang semena-mena tersebut menimbulkan permasalahan-permasalahan baru. Pembangunan berkelanjutan adalah konsep yang baik namun di beberapa daerah pembangunan berkelanjutan sudah tidak sesuai.

Pembangunan yang terus-menerus dilakukan oleh sektor industri tanpa melihat keseimbangan tanah yang ada sehinngga menimbulkan permasalahan seperti ambruknya gedung-gedung bertingkat, kurangnya daerah resapan air Berkurangnya air tanah yang dialakukan oleh masyarakat juga menjadi salah satu masalah kerusakan tanah. Hal ini menjadi tanggung jawab kita semua terutama pemerintah dalam memberikan kebijakan dan peraturan tegas kepada pihak yang ingin mendirikan bangunan. Agar tanah bisa tetap layak digunakan.

Pembangunan berkelanjutan terdiri dari tiga tiang utama yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan yang saling bergantung dan memperkuat. Ketiga aspek tersebut tidak bisa dipisahkan satu sama lain, karena ketiganya menimbulkan hubungan sebab-akibat. Hubungan ekonomi dan sosial di harapkan dapat menciptakan hubungan yang adil.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-construction-land-grab/345936/202615/view https://www.kompasiana.com/desikbb/pembangunan-berkelanjutan-yang-tidak-sesuai-mengakibatkan-penurunan-tanah-di-jakarta_561e5ba6b4927357258a8833
Comments
Loading...