Lukisan “Contaminated” (Rudi Maryanto)

Contaminated - Rudi Maryanto
0 2.652

Lukisan Contaminated merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Rudi Maryanto.

Contaminated – Rudi Maryanto
  • Pelukis : Rudi Maryanto
  • Judul : “Contaminated”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 59.1 H x 70.9 W x 2 in

Deskripsi Lukisan Contaminated

Lukisan ini merupakan lukisan nature dengan gaya surealisme. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis mencoba menggambarkan imajinasinya tentang lingkungan dan budaya yang terkontaminasi oleh perilaku manusia.

Makna Lukisan

Alam merupakan anugerah Tuhan untuk dimanfaatkan manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Manusia diciptakan Tuhan untuk menjalankan tugas dan fungsinya sebagai rahmat atas alam. Dengan demikian, keberadaan manusia atas alam, semestinya berfungsi sebagai pemelihara. Bukan sebagai perusak alam. Salah satu wujud nyata manusia di dunia adalah memberi perlindungan dan pemeliharaan atas alam, sehingga manusia memperoleh manfaat sebesar-besarnya dari alam.

Alam selain dimanfaatkan oleh manusia, seharusnya juga dijaga kelestriannya. Alam tidak hanya dimanfaatkan oleh generasi yang ada sekarang, tetapi juga untuk generasi yang akan datang. Dalam memanfaatkan alam manusia terkadang tidak memperhatikan kelestarian alam. Ulah manusia menyebabkan alam menjadi rusak, alam yang rusak tentunya akan menimbulkan kerugian bagi manusia itu sendiri.

Konflik sosial dapat mempengaruhi terjadinya perubahan kebudayaan dalam suatu masyarakat. Perubahan kebudayaan adalah suatu keadaan dalam masyarakat yang terjadi karena ketidak sesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga tercapai keadaan yang tidak serasi fungsinya bagi kehidupan. Seperti masuknya mekanisme pertanian mengakibatkan hilangnya beberapa jenis teknik pertanian tradisional seperti teknik menumbuk padi dilesung diganti oleh teknik “Huller” di pabrik penggilingan padi. Peranan buruh tani sebagai penumbuk padi jadi kehilangan pekerjaan.

Semua terjadi karena adanya salah satu atau beberapa unsur budaya yang tidak berfungsi lagi, sehingga menimbulkan gangguan keseimbangan di dalam masyarakat.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-contaminated/345936/202984/view https://nurhasan97.wordpress.com/2016/12/06/65/
Comments
Loading...