Lukisan “Dance Waterfall” (Dwijoko Harianto)

Dance Waterfall - Dwijoko Harianto
0 1.479

Lukisan Dance Waterfall merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Dwijoko Harianto.

Dance Waterfall – Dwijoko Harianto
  • Pelukis : Dwijoko Harianto
  • Judul : “ Dance Waterfall”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic on Paper
  • Ukuran : 11.4 H x 8.6 W x 0.1 in

Deskripsi Lukisan Dance Waterfall

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya figuratif, pop art. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kertas. Dalam lukisan ini, pelukis mencoba menggambarkan imajinasinya tentang tarian musik pop yang cantik dan dinamis.

Makna Lukisan

karya seni tari maupun musik sebagai iringannya memiliki sifat saling ketergantungan dengan kata lain saling membutuhkan. Hubungan antara seni tari dengan seni musik iringannya sangatlah erat. Meskipun sesungguhnya musik mampu berdiri sendiri sebagai sebuah karya seni, namun dalam konteksnya sebagai iringan tari, musik tidak bisa lepas dari tari yang diiringinya. Secara umum masyarakat sudah tahu bahwa pasangan dari seni tari adalah musik sebagai iringannya. Keduanya merupakan pasangan yang tidak bisa dipisahkan. Antara seni tari dan seni musik sebagai iringannya pada kenyataannya berasal dari sumber yang sama yakni dorongan atau naluri ritmis manusia. Seni tari menggunakan media utama gerak, suasananya tidak bisa hidup dan tidak bermakna tanpa hadirnya musik sebagai iringannya.

Ritme yang digunakan sebagai pijakan hitungan tari ditunjukkan melalui iringannya, sehingga unsur wirama sebagai salah satu persyaratan dalam tari dapat diwujudkan. Unsur wirama pada seni tari akan dikorelasikan dengan musik iringannya. Struktur musik menjadi dasar hitungan tari kaitannya dengan penggalan kalimat gerak sehingga sebuah kalimat gerak akan dapat terbaca melalui penerapan iringannya. Ragam gerak tari membutuhkan pola musik sebagai penekanan gerak. Begitu juga pembentukan suasana juga sangat membutuhkan iringan sebagai pendukung alur cerita (atmosfir dibentuk dengan media seperangkat alat musik dan suara manusia).

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-dance-waterfall/1048518/4046739/view https://www.google.com/search?ie=UTF-8&source=android-browser&q=tarian+musik+pop+yang+dinamis
Comments
Loading...