Lukisan “Dimensi Hukum” (Suyitno)

Dimensi Hukum - Suyitno
0 2.565

Lukisan Dimensi Hukum merupakan salah satu karya pelukis kawakan di Lampung Suyitno yang menjadi koleksi Galeri Nasional. Ia tidak menjual atau memberikan lukisan tersebut kepada orang lain.

  • Pelukis : Suyitno GS
  • Judul : “Dimensi Hukum”
  • Tahun : 2000
  • Aliran : Realisme
Deskripsi Lukisan Dimensi Hukum

Di dalam lukisan tersebut tampak sebuah payung dengan sebuah pedang sebagai gagang/penyangga. Payung diibaratkan adalah hukum. Hukum memayungi masyarakat Indonesia. Sedangkan pedang itu bermakna keadilan.

Lalu, ada gambar mata yang bermakna penyelidik. Ketika ada penyelidik, maka ada yang diselidiki. Dia menggambarkannya dengan sebuah ular berkepala layang-layang, yang bermakna kejahatan dan permainan.

Kemudian, ada benang kusut yang menggambarkan rumitnya permainan dalam kejahatan. Namun, benang kusut itu ditumpangi sebuah buku hukum. Tampak juga kayu yang diikat tali bagian tengahnya, yang dimaknai sebagai neraca. Artinya, hukum itu harus adil. Tidak berat sebelah.

Lukisan berlatar belakang warna bendera merah putih itu juga menampilkan sebuah gembok terkunci, palu, dan juga penjara. Alur hukum seharusnya setelah ketuk palu, masuk penjara, kemudian dikunci.

Makna Lukisan

Menurut Suyitno, lukisan ‘Dimensi Hukum’ memiliki filosofi yang tinggi. Setiap hal yang terlukis di dalamnya memiliki makna yang mendalam dan saling berkaitan tentang hukum di Indonesia.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Pwlukis Indonesia Bermakna dan Filosofi Mendalam, Lukisan ‘Dimensi Hukum’ Karya Suyitno Tak Dijual
Comments
Loading...