Lukisan “Eksodus Global” Karya Amir Urip Alit Sembodo

Eksodus Global - Amir Urip Alit Sembodo
0 1.236

Lukisan “Eksodus Global” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Amir Urip Alit Sembodo.

Eksodus Global – Amir Urip Alit Sembodo
  • Pelukis : Amir Urip Alit Sembodo
  • Judul : “Eksodus Global
  • Tahun : 2011
  • Media : Mixed Media on Canvas
  • Ukuran : 150 x 170 cm

Deskripsi Lukisan “Eksodus Global”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya realisme, kontemporer, ekspresionisme. Dengan teknik melukis menggunakan media campuran di atas kanvas. Alit melukiskan situasi kekacauan yang seolah-olah niscaya. Situasi yang terlihat dalam karyanya seakan tiap orang harus selalu siap menghadapi dan meniadakan yang lain. Hidup bersama tak lagi meyakinkan untuk bisa bersama-sama hidup. 

Realitas yang digambarkan Alit bukanlah realitas kasat-mata. Tapi ia membawa kita pada panorama yang lebih besar, yang meluaskan pandangan akan krisis kehidupan bersama. 

Perjalanan Karir

Amir Urip Alit Sembodo (lahir di Magelang, 10 Agustus 1975 – meninggal 4 Agustus 2003) adalah seorang pelukis Indonesia yang dikenal sebagai komikus dan gaya lukisannya yang khas dalam merefleksikan awal pemusnahan manusia, ketidakberaturan (chaos), dan akhir dunia (endism). Sebagai seniman kontemporer, karya-karya Alit telah banyak dimiliki oleh kolektor Taiwan, Singapura, dan beberapa negara Eropa.

Karakteristik Lukisan

Karakter di dalam karya buatan Alit sama dengan karakter pada lukisannya seri Baratayudha, yaitu tokoh-tokoh pewayangan yang diselipkan dengan tokoh kontemporer. Dalam melukis, dia banyak menggunakan pensil, tinta, dan akrilik di atas kanvas. Bidang lukisannya selalu diisi penuh, sesak dengan tokoh-tokoh dan memiliki cerita utuh yang dapat dibaca dari berbagai sudut bidang.

Alit melihat sesuatu secara mendalam pada kecenderungan konflik masyarakat yang mengesahkan berbagai bentuk kekerasan. Seolah-olah ini adalah kehidupan perpolitikan yang kembali ke zaman purba. Tiap orang dirundung rasa curiga mendalam terhadap yang lain. Mereka saling cakar dan menghabisi.

Sosok yang dilukis Alit juga unik dan sangat simbolis. Ia melukiskan sosok-sosok seperti wayang-wayang gadungan atau wayang mbeling, dengan ekspresi seperti para begundal, bajingan atau jawara yang menyelesaikan semua urusan dengan kekerasan otot dan senjata.

Teknik dan Media Lukisan

Lukisan-lukisan Alit umumnya dikerjakan dengan bahan sederhana, yaitu tinta hitam dan akrilik, dicampur dengan charcoal di atas kanvas yang dibuatnya sendiri. 

Salah satu kelebihan Alit sebagai pelukis adalah kemampuannya menggunakan tinta Cina dengan sistem kering dan efek yang mirip pensil. Penggunaan media ini juga dimanfaatkan Alit untuk membuat komiknya yang dibeli oleh cukup banyak kurator. Lukisan alit termasuk sederhana dalam hal pewarnaan, tetapi yang menarik dari karyanya adalah goresan rumit di setiap objek yang digambar. 

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/alit-sembodo https://id.m.wikipedia.org/wiki/Alit_Sembodo
Comments
Loading...