Lukisan “Ekspresi Sang Primadona” Karya Ivan Hariyanto

Ekspresi Sang Primadona - Ivan Hariyanto
0 5.439

Lukisan “Ekspresi Sang Primadona” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Ivan Hariyanto.

Ekspresi Sang Primadona – Ivan Hariyanto
  • Pelukis : Ivan Hariyanto
  • Judul : “Ekspresi Sang Primadona”
  • Tahun : 2000
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran :  –

Deskripsi Lukisan “Ekspresi Sang Primadona”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya realisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat minyak di atas kanvas. 

Ivan Hariyanto sesungguhnya berkehendak mengajak para pemirsa untuk tidak hanya menyerap sensasi inderawi dari pelukisan realitas yang ilusionistik itu, tapi juga membuka kemungkinan untuk merenungkan, jika bukan menguji-apa arti tanda-tanda komersial yang terpantul di sana seturut persepsi mereka.

Perjalanan Karier

Ivan Hariyanto lahir di Banyuwangi, 18 November 1955. Ia menempuh pendidikan seni lukis di Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia (STSRI ASRI) yang sekarang menjadi ISI Jogjakarta pada tahun 1975 hingga 1981. Mantan Dewan Kesenian Surabaya ini merupakan sosok perupa yang produktif.

Selain aktif sebagai seorang perupa, Ivan juga merupakan sosok yang peduli dengan perkembangan seni rupa Indonesia, khususnya untuk Kota Surabaya. Sebagai wujud kepeduliannya, Ivan mendirikan Himpunan Pelukis Surabaya yang dikenal dengan sebutan HIPBAYA. Pada 2012, Ivan juga menggagas Pameran Jatim Art Now #1 di Galeri Nasional Indonesia dan Galeri Soemardja, Institut Teknologi Bandung (ITB).

Terlepas dari karya dan pemikirannya di ranah seni rupa, Ivan turut memberikan sumbangsih terhadap kemajuan pariwisata Kota Surabaya dengan membuat desain logo city branding bertajuk “Sparkling Surabaya”. Hingga kini, logo tersebut masih terpampang di beberapa titik destinasi pariwisata Surabaya.

Karakteristik Karya

Ivan Hariyanto, di kalangan para seniman dianggap pendobrak. Dia dikenal karena  karakternya yang keras dan cenderung temperamental. Tetapi karakter itulah yang sebenarnya menjadi ciri khas Ivan.

Karakter Ivan juga muncul dalam karya-karyanya yang modern atau kontemporer. Figur-figur yang digarap halus bertumpang tindih dengan apa yang ada di kanan dan kiri. Pintu kaca, mall, mobil kuno, motor gede, atau burger.

Melihat karya-karya Ivan pada dekade terakhir, nampak sekali semangat pendobrakannya terhadap karya-karya sebelumnya yang cenderung surealis dan lembut.

Teknik Lukisan

Karya-karya seni Ivan Harianto yang memadukan teknik seni lukis yang berbasis fotografi dari unsur konsep dan bentuk sehingga melahirkan sebuah karya yang sarat dengan simbol-simbol globalisasi dan konsumerisme.

Konsep seni lukis yang diusung oleh Ivan Harianto dalam lukisannya, sebenarnya merupakan konsep yang merefleksikan kota tanpa manusia, sedangkan bentuk lukisannya bersifat realis fotografis, mengikuti makna simbolik dan bersifat realistis dan minimalis yang berarti bahwa lukisan lukisan Ivan menyerupai bentuk aslinya dan minimalis, berarti tidak banyak perubahan yang dilakukan terhadap objek lukisan sehingga sebagian besar bentuk dari objek yang asli masih terlihat dengan jelas. 

Pada lukisan-lukisannya, Ivan Hariyanto memanfaatkan kecanggihan komputer-grafis untuk mencapai kadar artistik itu. Sebutlah misalnya, lukisan bertajuk “The Reflections of The Galaxi Mall  Lift with The Humberger”, “The Reflections In Front of Galaxi Mall”, “Refleksi Sisi Depan Busway”, “Refleksi Sisi Samping Busway”, “Reflection at Panglima Sudirman Street Jakarta”, dll.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://archive.ivaa-online.org http://archive.ivaa-online.org/pelakuseni/ivan-hariyanto-1 https://media.neliti.com/media/publications/251740-none-3294bda2.pdf
Comments
Loading...