Lukisan “Eye Love” (Tanto Sutianto)

Eye Love - Tanto Sutianto
0 1.376

Lukisan Eye Love merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Tanto Sutianto.

Eye Love – Tanto Sutianto
  • Pelukis : Tanto Sutianto
  • Judul : “Eye Love”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 29.5 H x 19.7 W x 1.6 in

Deskripsi Lukisan Eye Love

Lukisan ini merupakan lukisan cinta dengan gaya abstrak ekspresionis. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis mencoba menggambarkan imajinasinya tentang cinta dan mata.

Makna Lukisan

Cinta merupakan persoalan komunikasi hati antara yang mencintai dan dicintai. Mencintai berarti dinamis. Ada rasa dan usaha (pengorbanan). Tidak mencintai namanya, tanpa ada yang dicintai. Mencintai perlu bukti dan dicintai perlu reaksi. Mencintai tanpa reaksi yang dicintai, namanya cinta bertepuk sebelah hati. Maka, mencintai dan dicintai berarti persoalan ‘komunikasi’ hati.

Dalam catatan sejarah kehidupan manusia, mata senantiasa berperan menghadirkan cinta pada jiwa. Tetapi mata bukanlah satu-satunya pemain peran bagi kehadiran cinta itu. Sebab, fungsi mata untuk melihat. Semua orang tentu sepakat. Namun, bila dikatakan mata dapat melihat belum tentu semua orang sepakat. Karena mata dapat melihat apabila ada cahaya. Artinya, tanpa cahaya mata tidak dapat menghadirkan cinta.

Namun ada mata yang dapat melihat tanpa ada cahaya. Dia bijaksana dan melahirkan cinta sejati. Dialah mata hati yang juga dikenal nurani. Nur artinya cahaya, dan aini artinya mata(ku). Maka hati nurani berarti cahaya mata hatiku. Bedanya, mata di wajah kita pandangannya terbatas pada benda kasat mata (objek yang terlihat), sedangkan mata hati mampu melihat ke lubuk sanubari (menembus yang tak terlihat). Sebab itu, orang buta mustahil hidup tanpa cinta meski mata di wajah tak sempurna.

Sebab itulah cinta sejati berada di hati nurani sekaligus tempat ia diproduksi. Cinta inilah yang mampu berkomunikasi dari hati ke hati. Cinta ini tidak lagi mengukur paras wajah, tingkat sosial, dan kehidupan mewah sebagai standar. Karena globalisasi cinta sudah terjadi, di mana sekat-sekat strata kehidupan hilang dan materi bukan lagi pembeda. Inilah cinta yang menembus realita dan logika. Cinta sang mata hati.

Cinta hati yang sejati berpengaruh kepada sikap dan budi pekerti (akhlak). Selama hati bersih, cinta mata hati akan tetap memproduksi kebaikan. Namun apabila dikotori, ia hanya melahirkan nafsu birahi serta sifat dengki.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Eye-love-SOLD/409866/1953279/view https://googleweblight.com/?lite_url=https://m.eramuslim.com/suara-kita/suara-pembaca/cinta-mata-dan-manisnya-iman.htm&ei=250BlSfA&lc=id-ID&s=1&m=792&host=www.google.com&ts=1517214380&sig=AOyes_RdfZc63sJzNzbEUmo4F9t9BTOHBQ
Comments
Loading...