Lukisan “Falling Star” (Tanto Sutianto)

Falling Star - Tanto Sutianto
0 4.840

Lukisan Falling Star merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Tanto Sutianto.

Falling Star – Tanto Sutianto
  • Pelukis : Tanto Sutianto
  • Judul : “Falling Star”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 48 H x 66.9 W x 1.6 in

Deskripsi Lukisan Falling Star

Lukisan ini merupakan lukisan fantasi dengan gaya abstrak ekspresionis. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis mencoba menggambarkan imajinasinya tentang bintang jatuh.

Makna Lukisan

Sebuah bintang jatuh sebenarnya adalah nama lain untuk meteoroid yang terbakar saat mencoba memasuki atmosfer Bumi.

Meteoroid sendiri adalah objek kecil yang ukurannya mulai dari sebutir pasir hingga berdiameter sebesar 10 meter. Jika meteoroid berukuran lebih kecil dari sebutir pasir, para astronom menyebutnya sebagai debu antarplanet. Tapi jika meteoroid lebih besar dari 10 meter, para astronom menyebutnya sebagai asteroid.

Meteoroid disebut sebagai meteor saja ketika ia memasuki atmosfer Bumi dan membentuk ekor terang di belakangnya itu. Ekor atau garis terang di belakangnya disebabkan oleh meteoroid yang bergesekan dengan atmosfer Bumi.

Gesekan dengan atmosfer ditambah kecepatan yang tinggi ketika meteoroid memasuki Bumi menyebabkan suhunya naik dan membuatnya berpijar, sehingga tampak dari Bumi seperti bintang yang bergerak atau bintang jatuh.

Ketika meteoroid berukuran lebih besar, ia akan muncul lebih terang (seperti foto di atas) sehingga disebut sebagai bola api (fireball) atau bolide. Bola api bahkan bisa terlihat beberapa menit dan meninggalkan jejak asap, sementara bolide bahkan bisa mengeluarkan suara ketika memasuki atmosfer.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Falling-star/409866/1552755/view http://www.infoastronomy.org/2017/01/mengenal-bintang-jauh.html?m=1
Comments
Loading...