Lukisan “Flesh” Karya Wedhar Riyadi

Flesh - Wedhar Riyadi
0 2.223

Lukisan “Flesh” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Wedhar Riyadi.

Flesh – Wedhar Riyadi
  • Pelukis : Wedhar Riyadi
  • Judul : “Flesh”
  • Tahun : 2016
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 40 cm x 50 cm

Deskripsi Lukisan “Flesh”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya pop art, kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media cat minyak di atas kanvas.

Karakteristik Karya

Wedhar Riyadi adalah salah satu seniman Indonesia lahir pada tahun 1980 di Yogyakarta, Ia menamatkan pendidikannya pada Jurusan Seni Rupa Murni, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Wedhar adalah seniman indonesia yang tumbuh selama periode reformasi jatuhnya Suharto serta transisi menuju demokrasi di Indonesia. Praktik Wedhar sangat luas, mencakup; gambar, mural, komik, stiker, poster, ilustrasi, pakaian, dan mainan, disamping lukisan minyak/akrilik dengan skala besar. Ia adalah generasi yang menikmati dan mengkreasi ulang ide-ide juxtaposisi.

Kita mengenal karya Wedhar dengan kehadiran warna-warna cerah, mengangkat sosok lucu dari dunia komik yang kadang terlihat muram, bahkan terlihat horor.

Tema Lukisan

Lukisan Wedhar Riyadi menampilkan interpretasi karakter kartun populer dalam bentuk yang aneh nan abstrak menyerupai dunia fantasi horor dan lanskap-lanskap absurd. Sekilas mengingatkan kita akan gerakan kesenian lowbrow pada tahun 1970-an. Seniman asal Yogyakarta ini menampilkan karya seni dengan tone visual dan warna yang kuat, cerminan dari latar belakangnya di dunia kesenian jalanan.

Tidak ada sosok hantu atau karakter antagonis dalam karya-karya Wedhar. Ia mengaku lukisannya mencerminkan sisi baik dan buruk kehidupan manusia yang semakin digital, yaitu dunia dimana yang aneh adalah normal dan bahkan bisa dianggap sebagai sesuatu yang indah.

Karya Wedhar berupaya mengeksplorasi hubungan psikologis dengan mempertemukan simbol-simbol yang bertentangan seperti misalnya membenturkan budaya lokal dan global.

Dalam membuat karya seni, Wedhar memasukan isu seputar dampak dari kekerasan dan konflik serta persoalan demostifikasi. Ia membenturkan obyek-obyek yang sama sekali berlainan, namun sulit mengidentifikasi figur apa yang sesungguhnya tengah dihadirkan.

Teknik Lukisan

Lewat lukisan-lukisan barunya, Wedhar berusaha mengembangkan konsep lebih jauh dan menampilkan elemen visual konvensional dalam prosesnya lewat tekstur, sapuan kuas dan kedalaman karya guna membangun emosi dari ruang kanvas dan warna datar.

Karya Wedhar sekarang adalah sebuah lompatan penting dalam pencarian visi estetiknya; dari narasi menjadi abstraksi, dari realisme menjadi esensialisme, dari representasi budaya pop menjadi refleksi gagasan. Menariknya, di luar perubahan bentuk dan pendekatan, hal yang masih ia pertahankan adalah soal domestifikasi

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/wedhar-riyadi https://www.google.com/amp/s/www.vice.com/amp/id_id/article/4xp44j/lanskap-dan-karakter-absurd-wedhar-riyadi-sebagai-gambaran-internet
Comments
Loading...