Lukisan “Forest, Fire and Smog Pollution” (Jen Zaini)

Forest, Fire and Smog Pollution - Jen Zaini
0 27.526

Lukisan Forest, Fires and Smog Pollution merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Jen Zaini.

  • Pelukis : Jen Zaini
  • Judul : “Forest, Fires and Smog Pollution”
  • Tahun : –
  • Ukuran : 20 H x 24 W x 1 in
  • Media : Oil on Canvas

Makna Lukisan Forest, Fires and Smog Pollution

Indonesia dalam keadaan darurat yang kabur (Oktober 2015). Sudah banyak korban yang meninggal, terutama anak-anak dan ribuan orang yang menderita penyakit pernafasan.

Deskripsi Lukisan

Di Indonesia, khususnya di perkotaan akan sangat mudah bagi kita menemukan udara yang telah bercampur dengan asap kendaraan, asap rokok, asap dari aktivitas industri dan juga debu sehingga yang kita hirup setiap hari bisa menjadi sumber penyakit bagi tubuh serta menimbulkan efek negatif bagi lingkungan. Itulah yang disebut polusi udara. Angka polusi udara di Indonesia sudah mencapai taraf yang sangat berbahaya karena menempati posisi ke delapan paling mematikan di dunia.

Menghirup udara yang telah terkontaminasi zat-zat berbahaya tentu saja memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh kita, mulai dari mata, tenggorokan, dan paru-paru.

Polusi udara juga dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit kardiovaskular atau gangguan pada jantung dan pembuluh darah seperti tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, serta penyakit kardiovaskular lainnya. Selain itu, polusi udara juga dapat menyebabkan penyakit pada sistem pernapasan seperti asma, infeksi saluran pernafasan, serta lebih parahnya dapat menyebabkan kanker terutama kanker paru-paru (WHO, 2011). Dampak lainnya dapat berupa penurunan sistem imunitas terutama yang disebabkan oleh Benzo(a)pyrene (IARC, 2012).

Namun masalah polusi udara masih kurang diperhatikan ataupun menjadi prioritas utama bagi pemerintah. Sehingga perlu kesadaran penuh dari  berbagai pihak serta masyarakatnya sendiri untuk menjaga lingkungan dari  mulai hal-hal kecil. Seperti tidak menggunakan kendaraan pribadi terlalu sering, mengurangi rokok di tempat umum dan penghijauan untuk menambah cadangan oksigen.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Jen Zaini
Comments
Loading...