Lukisan “Gadis Bali”

Karya Saptohoedojo

Gadis Bali Karya Saptohoedojo
0 158

Lukisan Gadis Bali merupakan salah satu karya Saptohoedojo, menggambarkan tentang keindahan perempuan Bali yang realis dan romantis.

  • Pelukis : Saptohoedojo
  • Judul : ” Gadis Bali “
  • Tahun : 1954
  • Media : Cat minyak pada kanvas
  • Ukuran : 90 cm x 75 cm
Deskripsi Lukisan Gadis Bali

Lukisan ini menampilkan sosok eksotis perempuan muda Bali dalam pakaian tradisional.  Gestur tubuh yang luwes dalam duduk meliuk dan ekspresi naifnya, merupakan penanda yang kuat untuk menampilkan sifat yang alami dari sosok gadis desa ini.  Gaya realisme yang dipakai dapat mengungkap karakter wajah, lekuk anatomi, warna kulit, dan lipatan kain dengan indah.

Saptohoedojo pada tahun 1950-an mengikuti kecenderungan estetik yang berkembang, yaitu pencarian dan pengungkapan visi Indonesia baru lewat pandangan kontekstual yang bersumber dari nilai kerakyatan dan lokalitas yang kuat.  Tema-tema perempuan desa, baik yang ditampilkan dalam pergulatan kerja sampai yang duduk manis dalam ekspresi polos, merupakan ungkapan tipikal yang diidealkan para pelukis.

Makna Lukisan

Menjelaskan bagaimana keindahan sesungguhnya melekat pada kebenaran realitas, dan bukan digincu dengan sesuatu yang artifisial.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Lukisan Gadis Bali Saptohoedojo
Comments
Loading...