Lukisan Gatotkaca Karya Basuki Abdullah

Dibuat atas permintaan Bung Karno

Gatotkaca dan 2 Istrinya Karya Basuki Abdullah
0 3.865

Lukisan Gatotkaca ini merupakan salah satu tema pada karya lukisan Basuki Abdullah yang melegenda.

  • Judul : “Gatotkaca dan 2 Isteri Kembarnya, Pergiwa dan Pergiwati”
  • Pelukis : Basuki Abdullah
  • Ukuran : 150 x 100 cm
  • Media : Kanvas
Sejarah Lukisan Gatotkaca dan 2 Istri Kembarnya

Pada Tahun 1950-an Presiden Ir. Soekarno yang dikenal sangat mencintai seni lukis dan dunia pewayangan, meminta Basoeki Abdullah untuk melukis dengan tema Gatotkaca dengan dua isteri kembarnya, Pergiwa dan Pergiwati.  Hal itu dikarenakan Gatotkaca, sosok ksatria gagah perkasa yang dianggap mirip dirinya sendiri.

Basuki pun menggoreskan kuasnya di atas selembar kanvas yang ukurannya tidak biasa dan aneh. Lukisan itu selesai dalam waktu beberapa hari. Setelah rampung, Basoeki lantas memberi lukisan bergaya realis-naturalisnya itu dengan tajuk “Gatotkaca dan Anak-Anak Arjuna Pergiwa-Pergiwati.”

Deskripsi Lukisan

Lukisan ini menggambarkan Gatotkaca. Gatotkaca adalah ksatria Pringgondani yang sakti. Dari segi visualnya sudah nampak personifikasi. Pembawaannya yang gagah, punya tatapan tajam dan berwibawa.(salah satu ksatria sebangsa Werkudara putra dari Bima) tengah terbang layaknya Superman. Mata sang ksatria menatap tajam penuh asmara, sementara si kembar cantik Pergiwa-Pergiwati yang digambarkan cukup molek, saling berbeda pandang terhadap keberadaan Gatotkaca.

Semoga bermanfaat para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Hikayat Lukisan Gatotkaca
Comments
Loading...