Lukisan “Grandmother” (Emil Faiz)

Grandmother - Emil Faiz
0 1.419

Lukisan Grandmother merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Emil Faiz.

Grandmother – Emil Faiz
  • Pelukis : Emil Faiz
  • Judul : “Grandmother”
  • Tahun : –
  • Media : Ballpoint Pen and Spray Paint on Canvas
  • Ukuran : 23.6 H x 19.7 W x 0.6 in

Deskripsi Lukisan Grandmother

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya fine art, modern. Dengan teknik melukis menggunakan Spray dan bahan lain di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis terinspirasi oleh sosok seorang nenek.

Makna Lukisan

Nenek adalah masing-masing ibu dari orang tua seseorang. Setiap orang memiliki dua orang nenek kandung. Seseorang dapat disebut sebagai nenek jika anaknya telah memiliki anak, atau dengan kata lain ia telah memiliki cucu.

Panggilan nenek merupakan panggilan dari seorang cucu yang ditujukan kepada ibu dari ayahnya maupun dari ibunya. Selain itu, secara tradisi, dalam sebagian besar bahasa dan kebudayaan setiap perempuan tua dapat dipanggil dengan sebutan nenek, meskipun mereka tidak memiliki cucu dan masih perawan.

Sepanjang sejarah, kakek dan nenek berperan sebagai kunci keharmonisan dan kelangsungan tradisi keluarga.

Sebagai guru, pendukung orang tua, penerus sejarah keluarga, pembimbing, penasihat, dan bahkan penghibur, fungsi psikologis, sosial, dan spiritual mereka dulu sangatlah penting. Mengapa peranan besar dan multifaset dari kakek dan nenek ini sekarang diabaikan oleh masyarakat kita?.

Sayangnya, zaman telah berubah. Anggota-anggota keluarga umumnya tinggal berjauhan, dan banyak remaja jarang berhubungan dengan kakek dan nenek mereka. Sikap juga telah berubah. Di banyak bagian dunia, orang yang sudah tua (termasuk kerabat) tidak lagi diperlakukan dengan respek yang sepatutnya. Apa yang biasanya disebut kesenjangan generasi, sekarang tampaknya semakin melebar. Banyak remaja berpikir bahwa kakek dan nenek mereka sudah kolot dan kuno. Bagi mereka, mustahil jika orang yang sudah tua seperti kakek dan nenek mereka dapat mengerti tekanan dan problem yang dihadapi remaja dewasa ini.

Banyak remaja telah mendapati bahwa kakek dan nenek dapat menjadi tempat berlabuh di masa remaja yang penuh gejolak. Majalah Seventeen mengamati, ”Bermodalkan pengalaman yang diperoleh selama puluhan tahun, kakek dan nenek sering kali terbukti lebih ahli dalam mengatasi berbagai masalah daripada teman-teman sebaya Anda, yang juga mengalami kekhawatiran yang sama dengan yang Anda alami.

Anda dan teman-teman Anda sedang mengalami tekanan masa transisi pertama dalam kehidupan; kakek dan nenek telah melewati banyak masa transisi. Dalam banyak hal, mereka tidak hanya bijaksana, tetapi juga cerdas.” Keterangan ini sebenarnya hanya menggemakan apa yang dikatakan Alkitab berabad-abad yang lalu, yaitu, ”Uban di kepala adalah mahkota keindahan apabila didapati di jalan keadilbenaran.”

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Drawing-grandmother/908930/3179616/view https://id.m.wikipedia.org/wiki/Nenek
Comments
Loading...