Lukisan “Green and Greed 2” (Christine Ay Tjoe)

Green and Greed 2 - Christine Ay Tjoe
0 3.376

Lukisan Green and Greed 2 merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Christine Ay Tjoe.

Green and Greed 2 – Christine Ay Tjoe
  • Pelukis : Christine Ay Tjoe
  • Judul : “Green and Greed 2”
  • Tahun : –
  • Media : On Canvas
  • Ukuran : –

Deskripsi Lukisan Green and Greed 2

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstract. Dengan teknik melukis menggunakan cat minyak di atas kanvas.

Makna Lukisan

Dalam lukisan barunya, Ay Tjoe melihat usia konsumen global kita: hiper urban, kepadatan penduduk, kelebihan informasi dan keserakahan serta daya saing yang tak terelakkan. Komposisi warna-warni penuh warna tampak didorong secara sentrifugal (menjauhi pusat putaran), dengan aplikasi cat visceral yang mengekspresikan rasa urgensi fisik.

Goresan kuas yang kuat dan terlihat dan area kuas yang terhapus atau sebagian digosok keluar memberikan rasa kacau dan energi, seolah kecantikan berubah menjadi kejenuhan dan keseimbangan larut menjadi ketidakharmonisan. Emosi yang kuat disarankan melalui penggunaan warna yang kuat, dengan dominasi coklat bersahaja dan merah darah.

Pilihan warna Ay Tjoe selalu dibebankan, berkaitan dengan gagasan pikiran, tubuh, dan jiwa dan keseimbangan esensial antara ketiganya. Merangkul pengertian tingkat fisik dan metafisik dalam karya, protagonis atau karakter binatang kiasan dan parsial muncul secara kebetulan dari proses melukis. Ay Tjoe mengatakan bahwa bentuk-bentuk ini adalah metafora untuk figur otoritas, menunjukkan saksi kuat, kepala sosok atau ‘Tuhan’, semua kekuatan yang mempengaruhi dan membentuk perilaku kita.

Christine sebagai seniman kontemporer perempuan Indonesia yang paling menonjol. Dimulai sebagai seniman grafis, dia bereksperimen dengan teknik dry-point, dan ini bayak mengajarkannya tentang ketajaman garis. Kemudian dia bekerja di atas kertas dan kanvas, garis lurus, melengkung atau patah, tetap penting dan membiarkannya menyusun karya seninya. Karyanya sangat rapuh sampai-sampai kerapuhan tesebut mengungkapkan dua dunia atau wilayah seniman yang berbeda. Pertama, ada dunia internal yang penuh dengan pemikiran batin, melankolis, perjuangan, rasa sakit dan kebahagiaan yang nampaknya mencerminkan kepribadian dan kehidupan pribadinya. Kemudian dunia bentuk, kecepatan dan warna dapat dicampur dengan figur dan menciptakan pengalaman sensoris yang dapat bervariasi tanpa batas waktu karena mereka adalah bagian dari kehidupan manusia.

Pernyataan Pelukis

“Poin minat saya adalah manusia. Dalam karya saya, saya lebih banyak berbicara tentang apa yang akan terjadi dalam hal tren manusia, lokal atau global, yaitu apa yang saya lihat sebagai kemungkinan dalam pikiran dan gagasan pribadi saya.”

Dalam lukisan terbarunya, Ay Tjoe melihat fenomena global  seperti: hiper urban, kepadatan penduduk, informasi hoax, keserakahan, serta daya saing yang tak terelakkan.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://www.indonesianluxury.com https://www.indonesianluxury.com/artwork/greed-and-greed-2 https://www.indonesianluxury.com/artists/christine-ay-tjoe
Comments
Loading...