Lukisan “Gua” (Valentino Tino)

Gua - Valentino Tino
0 3.570

Lukisan Gua merupakan beberapa tema karya perupa seni lukis Indonesia, Valentino Tino.

Gua – Valentino Tino
  • Pelukis : Valentino Tino
  • Judul : “Gua”
  • Tahun : –
  • Media : Oil On Canvas
  • Ukuran : 27.6 H x 11.8 W x 1.2 in

Deskripsi Lukisan Gua

Lukisan ini merupakan lukisan nature, abstrak, konseptual dengan gaya dadaisme. Dengan teknik melukis menggunakan bahan cat minyak di atas kanvas.

Dalam lukisan ini, pelukis menggambarkan imajinasinya tentang suatu tempat (Gua).

Makna Lukisan

Gua adalah suatu lorong bentukan alamiah di bawah tanah yang bisa dilalui oleh manusia, yang hanya bisa dilalui hewan saja disebut gua mikro. Dalam hal ini yang dimaksud adalah gua alam, namun ada juga gua buatan manusia seperti tempat perlindungan perang dan lain-lain.

Gua yang secara alami memiliki fungsi sebagai drainase menampung air hujan dari permukaan tanah yang lebih tinggi di sekitarnya. Tidak jarang gua ini juga menjadi tempat penampungan sampah sampah yang terbawa oleh air, seperti yang terjadi di daerah Gunung Kidul.

Hal tersebut dapat merusak ekosistem di dalam gua baik ekosistem biotik berupa hewan maupun tumbuhannya (bila ada) maupun abiotiknya (stalagtit stalagmit). Sampah yang menumpuk dalam gua dan menempel pada stalagtit maupun stalagmit dapat merusak maupun menghentikan pertumbuhan dari stalagtit maupun stalagmit tersebut.

Sedangkan gua yang memiliki aliran sungai bawah tanah dapat dimanfaatkan sebagai sumber air bagi masyarakat yang hidup di dataran tinggi. mendapatkan air dari gua ini dapat dilakukan dengan memompa air ke luar (atas) kemudian di salurkan ke penampungan maupun ke rumah rumah warga.

Namun gua jenis ini memiliki ciri khas yaitu kenampakannya yang eksotis, sehingga beberapa diantaranya menarik perhatian pemerintah daerah & investor untuk mengembangkan menjadi objek wisata alam. Terlalu banyak aktivitas manusia dan eksploitasi di dalam gua juga dapat merusak keseimbangan ekosistem gua.

Ketidaksadaran masyarakat sekitar akan pentingnya fungsi gua akan membawa dampak negatif bagi gua itu sendiri akibat pemanfaatan yang tidak tepat, karena itulah perlu dilaksanakan beberapa penelitian terkait dampak kesadaran masyarakat akan pentingnya fungsi gua terhadap ekosistem gua tersebut.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-gua/755424/2299510/view http://mapagama.ukm.ugm.ac.id/kesadaran-akan-pentingya-fungsi-gua-bagi-masyarakat-gunung-kidul-dan-dampaknya-bagi-kelestarian-ekosistem-gua-1024
Comments
Loading...