Lukisan “Happy Hamil” Karya I Gusti Ayu Kadek Murniasih

Happy Hamil - I Gusti Ayu Kadek Murniasih
0 5.262

Lukisan “Happy Hamil” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, I Gusti Ayu Kadek Murniasih.

Happy Hamil – I Gusti Ayu Kadek Murniasih
  • Pelukis : I Gusti Ayu Kadek Murniasih
  • Judul : “Happy Hamil”
  • Tahun : 1994 – 2004
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : –

Deskripsi Lukisan “Happy Hamil”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya dekoratif, tradisional. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas.

Karya Lukisan I Gusti Ayu Kadek Murniasih merupakan ekspresi diri dan penggambaran emosi dari pengalaman individualnya tentang seks. Kebanyakan lukisannya merupakan ungkapan emosi yang jujur atas pengalaman getir yang dialaminya sejak kecil. 

Ia mengangkat masalah gender dan seks sebagai subjeknya dalam berkarya. Melalui karyanya, Murni tak sekedar bercerita tentang seks saja, lebih dari itu, beliau berbicara tentang hidup melalui simbol-simbol yang dapat diinterpretasikan sebagai genital manusia dalam bentuk yang menarik dan jenaka.

Tema Lukisan

Pada karya Murni, tema seksualitas perempuan menjadi sangat dominan, hal ini ternyata sangat dipengaruhi oleh pengalaman hidup personalnya. Lukisan Murni merujuk ke suatu benda yang juga berhubungan dengan fenomena di hidupnya. Dimulai dari sepatu yang notabene feminin dan universal sampai organ tubuhnya. Karakter lukisnya adalah karakter pribadinya yang fenomenal dengan gambar liar dan absurd. Temanya berdasarkan pengalaman, alam bawah sadarnya maupun citra dirinya, dengan narasi pada diri, juga pada seksualitas manusia.

Pesan Tesirat

Dari karya-karyanya, Murni mengajak masyarakat untuk mengakui bahwa kekerasan seksual dan nilai serta norma yang ada di masyarakat yang menyudutkan perempuan itu selalu ada meski berusaha ditutup-tutupi. Norma dan nilai seringnya menimbulkan tabu yang membatasi diri kaum perempuan dalam mengungkapkan hal tersebut sehingga hanya mampu menjadi luka batin dan trauma yang berusaha dipendam namun bisa menjadi hantu yang paling mengerikan seumur hidup.

Apa yang dapat dipetik dari Murni adalah, tiap manusia menyimpan penderitaan dan trauma masing-masing. Meski kita tak dapat lepas dari bayang-bayang mengerikan namun kita masih bisa memilih apakah ingin terus terjerumus dalam bayang-bayang itu atau mengolahnya menjadi sesuatu yang positif. Misalnya, dalam bentuk karya.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://archive.ivaa-online.org/ http://archive.ivaa-online.org/pelakuseni/i-gak-murniasih/page:2 http://realitamimpi.blogspot.com/2014/05/karya-di-balik-trauma-igak-murniasih.html?m=1
Comments
Loading...