Lukisan “Her Stories : The Guardian” Karya Dias Prabu

Her Stories The Guardian - Camelia Mitasasi Hasibuan
0 2.116

Lukisan “Her Stories : The Guardian” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Dias Prabu.

Her Stories The Guardian – Camelia Mitasasi Hasibuan
  • Pelukis : Dias Prabu
  • Judul : “Her Stories : The Guardian”
  • Tahun : 2018
  • Media : Mixed Media on Canvas
  • Ukuran :  30 cm x 30 cm

Deskripsi Lukisan “Her Stories : The Guardian”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya surealisme. Dengan teknik melukis menggunakan media campuran di atas kanvas.

Konsep Karya dan Media Lukisan

Karya lukisan Dias Prabu sering menghadirkan serangkaian hibrida dengan sosok tokoh gemuk untuk menghidupkan kembali kisah tematik Nusantara. Dengan menggunakan pendekatan satir sebagai ciri kreatifnya. Selain melukis di atas kanvas sebagai media, ia juga dikenal sebagai muralis dimana ia bergabung dengan kolektif yang disebut ‘FOREVERFAT’.

Permainan imajinasi yang terangkum dalam pemikiran telah menghasilkan banyak potongan imaji tentang berbagai hal untuk dijadikan sebagai tonggak awal pembuatan sebuah karya seni. Imaji tersebut kemudian dikombinasikan dengan konsep utama yang diangkat, yaitu berhubungan dengan problematika yang ada dalam figur gendut, yang nantinya akan termanifestasikan menjadi karya seni yang diinginkan.

Posisi figur gendut di sini bukan hanya sebagai objek utama semata dalam kekaryaan Dias, tetapi juga bisa sebagai metafora yang mencitrakan sesuatu hal. Bentukan kartunal pada figur-figur yang diciptakan lalu dikemas dengan gaya pop
surealisme merupakan paduan yang pas untuk menciptakan karya yang nakal, menggelitik, satir, sekaligus jenaka, tentang problematika figur gendut. Hadirnya pop surealisme yang menjadi gaya kekaryaan merupakan cara yang tepat dalam mewakili kegelisahan penulis tentang figur gendut, bahkan hingga saat ini terus dipelajari dalam proses kekaryaannya.

Semua pemikiran dan proses kreatif tentang figur gendut tersebut telah memunculkan satu pandangan akhir. Seberat apa pun tubuh dalam meraih sebuah cita-cita, jika dilakukan dengan niat dan kerja keras, pasti akan dapat tercapai. Karena tubuh yang aktif dan berjiwa keras dalam meraih impian, tidak selalu tergambar pada bentuk tubuh yang ideal atau langsing semata, tetapi tubuh gendut juga memiliki hak tersebut.

Melalui sebuah karya seni yang bertemakan tentang figur gendut, harapanyang paling baik untuk hal ini ialah setidaknya ada rasa toleransi yang tinggi terhadap satu sama lain, tanpa memandang bentuk tubuh atau kecantikan semata, karena Tuhan menciptakan seluruh manusia dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Lukisan Indonesia, Camelia Mitasari Hasibuan, https://indoartnow.com/artists/dias-prabu http://journal.isi.ac.id/index.php/JOUSA/article/download/1489/465
Comments
Loading...