Lukisan “Holding on Identity” Karya Tjutju Widjaja

Holding on Identity - Tjutju Widjaja
0 6.342

Lukisan “Holding on Identity” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Tjutju Widjaja.

Holding on Identity – Tjutju Widjaja
  • Pelukis : Tjutju Widjaja
  • Judul : “Holding on Identity”
  • Tahun : 2015
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 100 cm x 250 cm

Deskripsi Lukisan “Holding on Identity”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya pop art, realisme, kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media cat minyak di atas kanvas. Lukisan ini menggambarkan anak-anak mengenakan pakaian berbagai daerah dari Indonesia. Mungkin pesan yang tersirat agar anak Indonesia tetap memegang teuh identitas Negara Kesatuan republik Indonesia.

Perjalanan Karir

Tjutju Widjaja lahir pada 24 Februari 1941 adalah seorang pribadi yang unik. Keunikan pribadi Tjujtu Widjaja karena latar belakang identitasnya yang “kompleks”. Kompleks yang dimaksud dalam hal ini adalah luas, beragam, dan banyaknya hal yang membentuk identitas seorang Tjutju Widjaja.

Tjutju Widjaja adalah seorang seniman, jurnalis, dosen, pengusaha yang juga sangat aktif beraktivitas dalam bidang sosial melalui beberapa yayasan sosial yang diikutinya. Latar belakang pendidikan formal yang pernah diikutinya juga sangat beragam; Tjutju pernah mengenyam pendidikan Kedokteran, mendalami Seni Melukis Kaligrafi China hingga studi mengenai Manajemen Pemasaran.

Tema dan Objek Lukisan

Gagasan karyanya memang berangkat dari kekhawatiran dirinya terhadap anak-anak -melalui perilaku cucu-cucunya-kepada dampak dari kemajuan teknologi computer, gawai (gadget), dan sosial media, juga beban dari kompetisi sistem pendidikan sekarang ini .

Menurutnya; anak-anak sekarang lebih banyak belajar hidup dari interaksi mereka dengan dunia maya ketimbang belajar dari kehidupan nyata. Mereka tidak lagi punya waktu untuk bermain mengenal lingkungannya. Sekarang anak-anak lebih suka berlama-lama dikamar dengan gadget-nya. Waktu bermain pun semakin pendek karena mereka setelah sekolah juga harus menjalani berbagai pelajaran tambahan. Mereka harus berkompetisi untuk mendapatkan nilai yang paling tinggi.

Pada karya lukisannya tergambarkan berbagai persoalan ini secara lugas. Tjutju membayangkan bagaimana kemudian membayangkan mereka ketika dewasa? Nilai-nilai kehidupan apa dan bagaimana yang akan mereka yakini kemudian? Tentunya persoalan ini bukan hanya dialami oleh Tjutju Widjaja. Banyak orang tua menghadapi persoalan ini, sebuah dilema terutama dalam kehidupan masyarakat urban, baik di kota besar maupun pinggiran. Satu sisi kemajuan teknologi memberikan pengaruh kebaikan , tetapi disisi lain mendatangkan masalah ancaman dan kerusakan.

Hal ini bukan lagi menyangkut persoalan generation gap tetapi memang sesuatu yang harus dipertimbangkan kembali oleh banyak orang tua terhadap perilaku anak-anak mereka. Karya-karya Tjutju Widjaja memperlihatkan pendekatan persoalan dengan narasi yang lebih lugas dan dinamis kepada suatu problematika budaya kita sekarang.

Teknik Lukisan

Ada yang menarik ketika membandingkan sosok Tjutju Widjaja dengan karya-karya yang ia pamerkan kali ini, keunikan ini sangat dominan terutama dalam hal pemilihan teknik, medium, dan bahasa estetika yang seolah kontradiktif dengan sosok seorang Tjutju Widjaja.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/tjutju-widjaja http://destinasianews.com/index.php/meeting-insentive-confrence-exhibition/exhibition-eksibisi-pameran-destinasia/743-tjutju-widjaja-pamerkan-karya-instalasi-di-cemara-galeri-jakarta
Comments
Loading...