Lukisan “Hujan Batu” Karya Wahyu Gunawan

Hujan Batu - Wahyu Gunawan
0 1.239

Lukisan “Hujan Batu” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Wahyu Gunawan.

Hujan Batu – Wahyu Gunawan
  • Pelukis : Wahyu Gunawan
  • Judul : “Hujan Batu”
  • Tahun : 2019
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 50 x 50 cm

Deskripsi Lukisan “Hujan Batu”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya ekspresionisme, kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media cat minyak di atas kanvas. 

Kanvas-kanvas Wahyu Gunawan adalah komedi yang belum selesai, belum akan selesai atau mungkin tidak akan pernah selesai. Melalui sudut pandang personal yang membuat karyanya berkarakter kuat dengan leluasa ia menggambarkan momen-momen menggelitik, lucu (atau dianggapnya lucu) dari pengalaman pribadinya.

Melaluinya Wahyu baik dengan sengaja maupun tidak sengaja menyelipkan pesan-pesan yang ingin dibaginya kepada para penonton. Komedi sebenarnya dibuat untuk lebih mengenal diri manusia sendiri dibalik unsur menghibur yang ditimbulkannya.

Dalam lukisan Wahyu, pesan cukup tersamar karena komposisi bentuk, spontanitas garis dan warna lebih diutamakan. 

Teknik Lukisan

Karya-karya Wahyu secara visual menunjukkan idiom yang bersumber dari kehidupan manusia. Oleh karena itu, sebagai ekspresi dalam kehidupan manusia yang sangat beragam. Karya Wahyu dapat dikategorikan dalam  gaya ekspresionisme simbolis. 

Wahyu Gunawan lahir 2 Mei 1975 termasuk pelukis muda yang kaya dengan ekspresi dan dikenal sebagai pelukis dengan karya-karya figuratif-naif yang beberapa kali sempat menjadi pemenang/finalis  kompetisi seni lukis baik lingkup nasional dan beberapa lingkup internasional. Tidak banyak yang tahu bagaimana proses berkaryanya dikarenakan sosoknya yang tidak termasuk gemar berbicara di muka umum atau mengeluarkan statemen.

Unsur komedi atau cerita lucu tak habis-habisnya digarap Wahyu Gunawan dalam lukisan-lukisannya. Dalam banyak hal komedi menjadi kekuatan utama dari karyanya disamping kekuatan warna dan spontanitas bentuk.

Komedi adalah ungkapan perasaan intimnya terhadap situasi kehidupan sehari-harinya yang coba disikapinya dengan ringan. Dari pengamatannya terhadap kehidupan sehari-harinya sendiri ia mendulang ide-ide kreatif yang tak habis-habisnya buat lukisannya.

Di awal karir profesionalnya sebagai pelukis unsur komedi telah terlihat kuat. Hanya saja pernah ia mencoba beberapa ungkapan lain dengan bermain simbol dan bentuk lebih realis sebagai proses pencarian dirinya namun itu tidak bertahan lama. Dorongan untuk menyampaikan komedi baik secara alur cerita maupun deformasi bentuknya tidak dapat ia sembunyikan. Unsur komedi lewat judul dan goresan-goresan spontannya mengalir ringan seringan ia melemparkan gurauan, lelucon, humor, banyolan dalam pembicaraan sehari-hari baik kepada sesama teman pelukis dan mungkin juga orang lain termasuk anggota keluarga.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/wahyu-gunawan http://www.mikirbae.com/2016/03/menulis-kritik-seni-rupa.html
Comments
Loading...