Warning: unlink(/tmp/fa1af991f54a0c3995e92ca7ef317fde-nPxzOv.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/lukisanku.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 158

Lukisan “Ibu Keagungan Majapahit (Gayatri Rajapatni)” Karya Seruni Bodjawati

Ibu Keagungan Majapahit (Gayatri Rajapatni) - Seruni Bodjawati
0 5.287

Lukisan “Ibu Keagungan Majapahit (Gayatri Rajapatni)” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Seruni Bodjawati.

Ibu Keagungan Majapahit (Gayatri Rajapatni) – Seruni Bodjawati
  • Pelukis : Seruni Bodjawati
  • Judul : “Ibu Keagungan Majapahit (Gayatri Rajapatni)”
  • Tahun : 2018
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 130 cm x 100 cm

Deskripsi Lukisan “Ibu Keagungan Majapahit (Gayatri Rajapatni)”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya pop-art, kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas. Lukisan ini menggambarkan pemersatu nusantara dari Majapahit.

Karya-karya Seruni mampu mengemukakan bakatnya yang unik tidak hanya karena berbekalkan teknik semata-mata, namun juga karena ide dan pergulatan batin yang muncul dari banyaknya wacana yang ia baca. Seruni meyakini tanggung jawab seniman untuk menyampaikan suatu kebenaran, setidaknya menurut penghayatan dan pemikirannya. Menurutnya, “Lebih baik menjadi kepala cacing daripada buntut naga.”

Di tengah melimpahnya pengaruh seniman yang telah menorehkan nama dalam sejarah, Seruni mengerti ia harus menemukan dirinya sendiri.

Latar Belakang

Seruni Bodjawati adalah pelukis perempuan muda Indonesia yang melukis dengan sumber inspirasi dari ribuan buku koleksinya. Pelukis yang lahir pada tanggal 1 September 1991 ini hingga tahun 2012 telah mendapat penghargaan antara lain: The Best Painting Artwork Dies Natalis XXVI dan XXVII ISI Yogyakarta, The Best Watercolor Painting ISI Yogyakarta, The Best Sketch FSR ISI Yogyakarta, Selected Painter: Local Government of Yogyakarta and Kyoto Japan Painting Cooperation, dan 15 kali juara I lomba lukis anak tingkat Nasional, DIY, dan JaTeng. Pada tahun 2011 Seruni dinobatkan sebagai The Most Successful International Visual Artist under 20 oleh komunitas seni di Prancis, La Société des Artistes Contemporains, dan menjadi pelukis perempuan Indonesia pertama yang memenangkan penghargaan Dies Natalis ISI dua kali berturut-turut dengan mendapatkan penghargaan karya lukis terbaik Dies Natalis XXVI dan XXVII Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Teknik Lukisan

Tema-tema karya Seruni menggambarkan pergulatannya sebagai perempuan muda yang bersentuhan dengan pengaruh seni dan budaya leluhur sekaligus dunia. Selain memanfaatkan simbol-simbol budaya Jawa dan Tionghoa, ia juga bermain-main dengan sosok seniman-seniman masyhur seperti Salvador Dali, Frida Kahlo, dan Yayoi Kusama.

Ketekunan menggali sejarah, pemikiran, dan beragam kebudayaan tampaknya menjadi bekal Seruni dalam proses berkarya. Dengan bekal itu, ia menjalani pengembaraan batin dan menghayati ideologi pribadinya sebagai seniman untuk kemudian melepaskan energinya dalam wujud lukisan.

Dengan melukis, ungkapnya, “Gairah saya meledak-ledak dan daya hidup saya melimpah-ruah.” Sebagai penjelajah, Seruni juga bereksperimen dengan medium-medium lain seperti film dan wayang, yang sekali lagi mengantarkan karya-karyanya pada apresiasi khalayak seni di berbagai negara.

Menjelang usia seperempat abad, Seruni mengalami pergumulan batin tentang idealisme vs karya “bertendensi”. Ia menulis dalam sebuah esainya: “Para ahli politik praktis acapkali berpikir bahwa seorang seniman seharusnya dengan penuh kesadaran membaktikan kejeniusannya demi peningkatan kesejahteraan manusia. Hal itu tentu tidak salah sepanjang spontanitas lubuk hati terdalam tetap terjaga dan semangat daya cipta yang bebas menemukan langit luas. Karya besar sepanjang sejarah selalu lahir jika kreatornya saat berkarya bebas lepas secara spiritual.”

Begitu muda, begitu jauh sudah perjalanannya. Dan yang membentang di hadapan pun masih tak terkira.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://www.serunibodjawati.com/ https://www.serunibodjawati.com/search/label/ARTWORKS?m=1 https://qubicle.id/story/seruni-kembang-mekar-yang-hendak-terus-mewangi
Comments
Loading...