Lukisan “Ikan Arwana” (Heno Airlangga)

Ikan Arwana-Heno Airlangga
0 2.544

Lukisan Ikan Arwana ini merupakan salah satu karya Heno Airlangga.

  • Lukisan : Heno Airlangga
  • Judul : “Ikan Arwana”
  • Tahun : 2016
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 96,5 cm x 140,5 cm

Deskripsi Lukisan Ikan Arwana

Lekuk tubuhnya bagai mitologi sang naga turun dari kayangan. Ia meliuk-liuk dalam ritme tarian alam. Kulit bersisik merah dengan sederet bintik kecil berwana hitam dari badan hingga ekornya. Dunia tak hanya mengagumi keindahan tubuh satwa dilindungi itu, tapi juga filosofi hidupnya. Ia layak menyandang predikat ikan termahal di dunia, begitulah gambaran singkat tentang ikan Arwana.
Arwana memiliki bentuk serta penampilan cantik dan unik. Tubuhnya memanjang, ramping, dan stream-line, sedangkan gerakan berenangnya amat anggun. Selain itu, proses ikan Arwana saat berkembang biak juga mengandung nilai filosofi yang tinggi. Arwana betina tugasnya hanya bertelur. Kemudian, induk jantan memeram dan memelihara telur-telur itu di dalam mulut selama 40 hingga 50 hari sampai menetas.

Makna Simbolik

Sebagai ikan purbakala, bentuk tubuh Arwana memanjang dan ramping. Gerakannya anggun dipandang mata. Ia senantiasa bergerak lembut dan bersahaja. Namun satwa endemik Taman Nasional Danau Sentarum, Kapuas Hulu ini, juga bisa berubah menjadi satwa pemangsa yang ganas.
Jumlah angka 9 merupakan peringkat angka tertinggi dalam satuan angka, 9 ikan arwana dalam karya seni memiliki makna kewibawaan, kemegahan dan keberuntungan.
Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.
Source Informasi Lukisan indonesia Lukisan karya Maestro Heno Airlangga
Comments
Loading...