Lukisan “Impian Sarang” Karya Mulyo Gunarso

Impian Sarang - Mulyo Gunarso
0 2.145

Lukisan “Impian Sarang” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Mulyo Gunarso.

Impian Sarang – Mulyo Gunarso
  • Pelukis : Mulyo Gunarso
  • Judul : “Impian Sarang”
  • Tahun : 2012
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 150 cm x 130 cm

Deskripsi Lukisan “Impian Sarang”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya realisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas. 

Latar belakang penciptaan karya-karya lukis Mulyo Gunarso adalah keprihatinannya terhadap permasalahan sosial dalam kehidupan sehari-hari yang ada di sekitarnya terutama permasalahan mengenai kebudayaan dan kerusakan alam lingkungan.

Makna lukisan yang merupakan tujuan penciptaan karya lukis Mulyo Gunarso adalah untuk mengedukasi diri sendiri dan masyarakat agar peduli dan mau untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan tempat tinggalnya. Seperti dalam lukisan ini pelukis seolah menggambarkan impian sebuah sarang yang ingin menjadi tempat bagi para burung untuk menetaskan telurnya. Dan mimpi bahwa ia akan tetap ada di ranting dan dahan pepohonan yang menghijau.

Karakteristik Karya

Mulyo Gunarso merupakan seorang seniman muda lulusan ISI Yogyakarta. Beliau berhasil membawakan karya seni lukisnya ke ranah nasional. Didukung dengan pengalaman, serta teknik yang matang karya seni lukis Mulyo Gunarso mampu hadir dengan indah dan terkesan unity dengan tema yang diangkat yaitu permasalahan mengenai alam.

Dalam berkarya, Gunarso mampu mengemas karyanya hingga memiliki karakter tersendiri yang mencerminkan bagian dari kegelisahan, latar belakang serta konflik yang disadurkan kepada audiens, bagaimana dia mampu menarik dan memancing audiens untuk berinteraksi secara langsung dan mencoba mengajak berfikir tentang apa yang dirasakan olehnya tentang isu yang terjadi di dalam negerinya, kegelisahan tentang segala sesuatu yang lambat laun berubah.

Teknik Lukisan

Visualisasi karya lukis Mulyo Gunarso adalah dengan menggunakan cat akrilik dengan teknik plakat (opaque). Dan corak yang dari karya-karya lukis Mulyo Gunarso adalah realisme dengan penggarapan objek secara detail dan dengan tekstur yang halus.

Kelebihan dari karya Gunarso adalah bahwa karya-karyanya memiliki komposisi warna dan penempatan objek yang enak dipandang mata, dengan warna-warna yang ditampilkannya sangat serasi dengan ide lukisan yang ia angkat.

Perkembangan zaman yang begitu cepat, menuntut kita untuk beradaptasi dan menempatkan diri untuk berada di tengahnya. Namun itu semua secara tidak kita sadari baik itu karakter sosial masyarakat, gaya hidup, dan lain sebagainya dari barat tentunya masuk tanpa filter di tengah-tengah kita. Seperti contoh, pembangunan gedung dan Mall oleh orang asing di negeri kita. Begitu juga dengan mini market, cafe yang berbasis franchise dari luar negri. Hal itu sebenarnya merupakan gerbang pintu masuk untuk menjadikan rakyat Indonesia semakin konsumtif dan meninggalkan budayanya sendiri.

Hal tersebut berdampak pada nasib kehidupan makhluk di sekeliling kita atau lingkungan di sekitar kita. Gunarso seolah ingin memberi penyadaran kepada kita, untuk memulai menyelamatkan dan melestarikannya, siapa lagi kalau tidak dimulai dari diri kita sendiri.

Hasil karya sebagai representasi dari emosi-emosi modern seperti karya Gunarso, ingin merepresentasikan kemelut yang terjadi dalam perkembangan negeri ini, termasuk keresahannya mengenai hal tersebut.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/mulyo-gunarso https://eprints.uny.ac.id/59314/
Comments
Loading...