Lukisan “in My Atmosphere” Karya Amalia Kartika Sari

in My Atmosphere - Amalia Kartika Sari
0 1.227

Lukisan “in My Atmosphere” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Amalia Kartika Sari.

in My Atmosphere – Amalia Kartika Sari
  • Pelukis : Amalia Kartika Sari
  • Judul : “in My Atmosphere
  • Tahun : 2011
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 130 cm x 220 cm

Deskripsi Lukisan “in My Atmosphere”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya pop art, kontemporer, ekspresionisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas. 

Karakteristik Lukisan

Karya Amalia lebih merujuk kepada ekspresi diri dengan gaya naratif yang ilustratif.  Karya-karya Amalia terlihat seperti lukisan digital berbentuk vektor namun sebenarnya merupakan lukisan dengan medium akrilik yang dibingkai dengan pigura ukiran kayu ataupun laser cut detail yang dibuat satu tema dengan lukisannya.

Ciri khas karya Amalia adalah warna-warna yang cerah, gaya gambar sederhana yang menyerupai kartun chibi Jepang dengan wajah ekspresif dan detail ornamen yang banyak pada latar belakang. Konsep karya Amalia berkisar pada kehidupan pribadi dan kesehariannya.

Amalia mengaku terbiasa menggambar dengan objek yang lucu, menarik, dan selalu berusaha membuat karya yang komunikatif dengan cara menggunakan gaya gambar yang imut, warna yang cerah, serta atribut-atribut yang menggambarkan tema lukisan tersebut dengan jelas. Hal itu dapat terlihat dari karya-karya Amalia yang sangat ilustratif, naratif, dan gampang dimengerti oleh pengamat melalui subject matter yang dilukiskan serta judul yang menarik dan provokatif yang biasanya menjelaskan secara detail tema yang diangkat dalam karya.

Tema Lukisan

Tema yang diangkat oleh Amalia juga direfleksikan oleh judul-judul karyanya yang cukup provokatif dan komunikatif, serta memberikan pemahaman lebih mendalam akan tema karya yang dibuat. Dengan atribut-atribut itu, karya Amalia menarik untuk dilihat serta mudah untuk dimengerti bagi pengamat. Lukisan Amalia memiliki daya tarik yaitu pada detail hiasan yang begitu kompleks dan rapi yang menunjukkan kemampuan melukis Amalia yang cukup mengesankan. Meskipun begitu, banyaknya detail menjadikan visualisasi lukisan Amalia cukup ramai, dan dapat membuat pengamat dapat melewatkan beberapa detail penting. Hal tersebut dikarenakan oleh gaya gambar yang flat serta tidak adanya outline yang membatasi objek sehingga bidang gambar dan warna-warnanya terlihat menyatu. Pada setiap lukisan, Amalia tidak hanya melukiskan dirinya sendiri, namun ia selalu menempatkan sosok Yurra di sampingnya. Ia mengeksplorasi hubungannya dengan Yurra dan mengekspresikan perasaan yang ia alami ketika bersama kekasihnya itu. 

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/amalia-kartika-sari https://docplayer.info/amp/53764739-Kajian-kritik-seni-pada-lukisan-potret-diri-radi-arwinda-dan-amalia-kartika-sari.html
Comments
Loading...