Lukisan “Introspection” (Afriani)

Introspection - Afrani
0 23.557

Lukisan Introspection merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Afriani.

  • Pelukis : Afriani
  • Judul : “Introspection”
  • Tahun : –
  • Ukuran : 78.7 H x 59.1 W x 2.8 in
  • Media : Pastel on Canvas

Deskripsi Lukisan Introspection

Objek dalam lukisan Introspection adalah Afriani. Ia menggambarkan bahwa manusia tidak ada yang sempurna. Ketidaksempurnaan itu yang membuat manusia berjuang untuk mencari kelebihan dan potensi yang bisa dikembangkannya. Sukses, adalah tujuan semua orang. Dengan kemampuan yang dimiliki, seiring waktu berjalan, jika kita terus belajar  dan mencoba, maka sukses bukan lagi sebuah mimpi.

Makna Tersirat

Manusia memang bukan semuanya wali. Tapi mungkin sejarah juga mengajari kita, bahwa keadaan tak sempurna bukanlah dasar untuk terus-menerus menghalalkan kerakusan. Keadaan tak sempurna itu justru alasan untuk kesediaan ditegur, untuk mengerti rasa malu dan rasa dosa.

Kita diciptakan dengan kesadaran bahwa hanya Sang Empunya lah yang Maha Sempurna. Mencari salah dan benar dalam sebuah keadaan bukanlah jalan keluar. Namun mencari jalan yang benar merupakan suatu kebijaksanaan dalam memahami hakikat kemanusiaan untuk mencapai kebajikan.

Banyak sekali fenomena dimana orang-orang sibuk mencari topeng, mengkritik dan menjudge kehidupan orang lain yang dianggapnya tidak sefaham. Bahkan untuk mengenali siapa “dia” terkadang seperti mencari jarum dalam jerami. Kemunafikan karena haus akan pengakuan, jabatan dan dunia, membuat kebanyakan manusia lupa, bahwa kesempurnaan hidup hanyalah sesempurna pemahaman kita terhadap kata sempurna itu sendiri.

Lukisan ini mengajarkan kita bahwa sikap “sadar diri” merupakan makna kesempurnaan seorang manusia.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Afriani
Comments
Loading...