Lukisan Jaka Tarub

Sejarah dan Kisah Jaka Tarub

Karya Basuki Abdullah
0 2.538

Salah satu lukisan karya sang pelukis maestro legendaris Basuki  Abdullah yang berjudul ” Jaka Tarub ” merupakan karya lukisan terkenal, memiliki nilai seni tinggi dan cerita rakyat.

Lukisan Jaka Tarub karya Basuki Abdullah
  • Pelukis :Basuki Abdullah
  • Judul : “Jaka Tarub”
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 170cm X 255cm
  • Aliran : Realisme

Sejarah Lukisan

Dalam cerita rakyat Jawa ada seorang pemuda bernama Jaka Tarub. Ia bernasib mujur, di tempat ia berburu ada sebuah telaga. Ke sanalah 7 bidadari mandi. Mereka melepaskan pakaian mereka dan meletakkannya di tepian air.  Kemudian, dari semak-semak di tepi danau itu sang pemuda mengintip. Dikisahkan kemudian, pemuda itu menyembunyikan pakaian salah seorang dari ketujuh bidadari itu. Akibatnya, yang kehilangan busana tak bisa terbang kembali ke langit. Pemuda itu  kemudian mengembalikan pakaian  dan dengan demikian ia bisa menuntut sang bidadari, Nawang Wulan, jadi istrinya. Tampak bahwa Nawang Wulan berada dalam posisi lemah bukan karena ia telanjang, tapi karena ia telanjang dan diintip. Dan pemuda itu berada dalam posisi yang lebih unggul, ia melihat ketelanjangan itu dan pada saat yang sama menguasai sarana anti-ketelanjangan.

Makna Tersirat

Sang pelukis mengasumikan, kita akan menyukai itu, dan melihat populernya gambar ini, ia agaknya benar. Tatapan Jaka Tarub adalah sebuah gejala umum, gejala scopophilia ‘kenikmatan memandangi liyan’.

Source Informasi Lukisan Indonesia Lukisan Jaka Tarub Tatapan Jaka Tarub
Comments
Loading...