Lukisan “Jazz Singer” (Tanto Sutianto)

Jazz Singer - Tanto Sutianto
0 2.350

Lukisan Jazz Singer merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Tanto Sutianto.

Jazz Singer – Tanto Sutianto
  • Pelukis : Tanto Sutianto
  • Judul : “Jazz Singer”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 39.4 H x 59.1 W x 1.6 in

Deskripsi Lukisan Jazz Singer

Lukisan ini merupakan lukisan still life dengan gaya modern. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis mencoba menggambarkan imajinasinya tentang aliran musik jazz.

Makna Lukisan

Jazz ([Jes]) adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa.

Musik jazz banyak menggunakan gitar, trombon, piano, trompet, dan saksofon. Elemen penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note.

Meskipun banyak upaya telah dilakukan untuk menentukan jazz dari sudut pandang di luar jazz, seperti menggunakan sejarah musik Eropa atau musik Afrika, kritikus jazz Joachim Berendt berpendapat bahwa semua upaya tersebut tidak memuaskan. Salah satu cara untuk berkeliling masalah definisi adalah untuk mendefinisikan “istilah” jazz lebih luas. Berendt mendefinisikan jazz sebagai bentuk “seni musik yang berasal dari Amerika Serikat melalui konfrontasi orang kulit hitam dengan musik Eropa”, ia berpendapat bahwa jazz berbeda dari musik Eropa dalam jazz yang memiliki hubungan “Khusus untuk waktu, yang didefinisikan sebagai ‘ayunan’, sebuah spontanitas dan vitalitas produksi musik di mana improvisasi memainkan peran” dan “Kemerduan dan cara ungkapan yang cermin individualitas dari musisi jazz lakukan.”

Dalam jazz, pemain ahli akan menafsirkan sebuah lagu dengan cara yang sangat individu, tidak pernah memainkan komposisi yang sama persis dengan cara yang sama dua kali. Tergantung kreatifitas pemain dan pengalaman pribadi, interaksi dengan sesama musisi atau bahkan anggota audiens, seorang musisi jazz atau pemain dapat mengubah melodi, harmoni. Musik klasik Eropa sering dikaitkan sebagai media komposer. Di mana Jazz, sering ditandai sebagai produk kreativitas egaliter, interaksi dan kolaborasi. Menempatkan nilai yang sama pada kontribusi dari komposer dan pelaku.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Jazz-singer/409866/1943948/view https://id.m.wikipedia.org/wiki/Jazz
Comments
Loading...