Lukisan “Jeff Koon’s Bubbles” (Agus Suwage)

Jeff Koon's Bubbles - Agus Suwage
0 4.722

Lukisan “Jeff Koon’s Bubbles” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Agus Suwage.

Jeff Koon’s Bubbles – Agus Suwage
  • Pelukis : Agus Suwage
  • Judul : “Jeff Koon’s Bubbles”
  • Tahun : 2003
  • Media : Mixed Media on Canvas
  • Ukuran : 140 cm x 150 cm

Deskripsi Lukisan “Jeff Koon’s Bubbles”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan bahan campuran di atas kanvas. Dalam lukisan ini pelukis menggambarkan tentang figur Jeff Koons. Jeffrey Koons (/ kuːnz /; lahir 21 Januari 1955) adalah seorang seniman Amerika yang dikenal karena bekerja dengan subjek budaya populer dan reproduksinya tentang objek dangkal — seperti hewan balon yang dibuat dari baja tahan karat dengan permukaan cermin. Dia tinggal dan bekerja di New York City dan kota kelahirannya di York, Pennsylvania.

Karya-karyanya telah dijual dengan harga besar, termasuk setidaknya satu harga lelang rekor dunia untuk sebuah karya oleh seniman yang hidup. [1] Pada tanggal 12 November 2013, Koons’s Balloon Dog (Orange) dijual di Christie’s Post-War dan Contemporary Art Evening Sale di New York City seharga US $ 58,4 juta, di atas perkiraan US $ 55 juta yang tinggi, menjadi karya paling mahal oleh seorang seniman hidup yang dijual di lelang. Harga ini melampaui rekor sebelumnya Koons sebesar US $ 33,7 juta dan rekor artis hidup paling mahal, yang dipegang oleh Gerhard Richter, yang lukisan tahun 1968, Domplatz, Mailand, dijual seharga US $ 57,1 juta di Sotheby’s pada 14 Mei 2013. Balloon Dog (Orange) adalah salah satu anjing Balon pertama yang dibuat, dan telah dibeli oleh kolektor Greenwich, Peter Brant pada akhir 1990-an.

Kritik tajam dibagi dalam pandangan mereka tentang Koons. Beberapa orang menganggap karyanya sebagai pionir dan kepentingan seni-sejarah yang penting. Yang lain menganggap karyanya sebagai kitsch, kasar, dan didasarkan pada merchandising yang sinis. Koons telah menyatakan bahwa tidak ada makna yang tersembunyi dalam karya-karyanya, atau kritik apapun. (Wikipedia)

Karakteristik Karya

Karya Agus Suwage kerap menyajikan pendekatan apropriasi berkelanjutan dari karya seniman lain maupun karya lamanya sendiri yang terus menerus dibuat ulang dan dikembangkan dalam lapisan yang berbeda.

Apropriasi dalam penciptaan karya seni bisa diartikan sebagai kecenderungan menggunakan atau meminjam karya orang lain sebagai pijakan. Meminjam elemen-elemen suatu karya untuk menciptakan karya baru.

Karya yang dipinjam bisa sangat beragam, dari produk budaya populer sampai karya-karya masterpiece dari berbagai rentang waktu dengan segala konsep sosio-historis dan politik yang melatarbelakanginya. Apropriasi juga dapat dikatakan menciptakan karya seni baru dengan menggunakan prinsip yang sama dengan karya seni orang lain. Gagasan dari karya seni yang dilempar cenderung berbeda dari karya seni yang menjadi tinjauan, bisa lebih terbarukan tentang isu yang sama atau-pun tak ada hubungannya sama sekali dengan gagasan karya yang menjadi tinjauan, bisa pula menyindir, menyanggah, atau merevisi. (bersyeni)

Karya-karya Suwage seperti membenarkan klaim bahwa seni kontemporer memijakkan dirinya pada posmodernisme.

Karya-karyanya dianggap berhasil menghidupkan kembali jenis seni rupa yang nyaris diabaikan selama ini yaitu gambar (drawing).

Agus Suwage menghadirkan persoalan ketegangan antara kesadaran individu pada karya-karyanya, seperti pernyataannya yang menyatakan pandangannya bahwa: “Ada bermacam-macam paksaan yang tidak bisa ditolak dan membuat kita tidak punya pilihan. Paksaan itu tidak bisa dibilang jahat, tapi kenyataannya mengikat, menyakitkan, bahkan menakutkan.”

Media Lukisan Agus Suwage

Ketika awal berkecimpung dalam dunia seni rupa, karya Agus Suwage lebih condong ke tema komentar sosial. Bahan atau alat yang digunakan Suwage dalam berkarya juga tak lepas dari keanehan atau tidak lazim. Seperti menggunakan pelat alumunium atau juga menggunakan aspal dan tanah sebagai media. Baginya melukis di atas kertas lebih menarik daripada melukis menggunakan kanvas. Melalui penggunaan cat air dan cat minyak, Agus Suwage mampu mengekplorasi teknik yang menampilkan efek transparan.

Karya Agus Suwage Tahun 1990-an

Banyak karya Suwage, terutama hingga 1990-an, menampilkan ruang trimatra (tiga dimensi) yang didatarkan. Karya “Keberangkatan”, menampilkan satu “perahu-gerobak” berdayung mengangkut sejumlah kepala.

Karya dilengkapi mekanik berbunyi gemuruh membuat gerak mendayung perlahan. Latar belakang “kendaraan” ini adalah gambar charcoal berupa gerobak yang sama membawa tubuh-tubuh tanpa kepala.

Latar belakang gambar adalah citra sebuah pojok ruangan berbatas dinding. Ditempatkan di ujung Bale Tonggoh SSAS, latar gambar ini terasa meniru batas ruangan. Bentuk trimatra dilengkapkan dengan ilusi dwimatra (dua dimensi).

Potret Diri Sebagai Kritik Sosial dan Trademark

Jika kita melihat dalam beberapa hasil karya Agus Suwage, self-potrait tidak hanya menjadi sebuah subjek independen yang menjadi titik pusat, akan tetapi juga hadir berdampingan dengan elemen yang lain. Karya Agus merupakan kombinasi antara refleksi diri dan kontradiksi tentang “diri” itu sendiri. Dengan menggunakan kameranya, Agus merekam berbagai pose dan raut wajah miliknya, yang kemudian diteruskannya dalam gambar atau lukisan.

Dengan cara tersebut, Agus dianggap menerima fakta bahwa ketika dia menjadi subjek, di saat yang sama dia juga menjadi objek. Hasil karyanya kemudian dianggap dapat menggambarkan bahwa “diri” dapat dipisah-pisah, menjadi pusat dari subjektifitas-diri, dan identitas mengenai diri akan selalu berubah ketika hadir diantara kehidupan sosial.

Agus Suwage kerap menggunakan foto dirinya dalam berbagai pose dan latar belakang, untuk menyampaikan kritik atas isu sosial-politik di sekitarnya.

”Potret-diri (self-portrait) merupakan “trademark” karya seni rupa Agus Suwage yang merupakan hasil pengolahannya yang intens untuk menghadirkan sejumlah persoalan; tubuh, gender, seni rupa, citra fotografi, persoalan sosial-politik, sejarah, eksistensi diri manusia, kritik sosial, hingga kritik diri.

Kutipan Kurator

Pada sebagian besar karyanya, Suwage lebih menyelami dunia lintas batas: antara dirinya dan orang lain, antara manusia dengan jenis makhluk lain, antara kerumitan dan kemudahan, antara yang biasa dengan yang luar biasa, antara netralitas dan paradoksal. Dan sejak lama ia telah meninggalkan pesan-pesan komunal ideologis (karya-karya dengan ide politik) dalam karyanya, karena ia selalu merasa bahwa dirinya adalah orang yang cepat jenuh. Perasaan cepat jenuh inilah yang selalu mengikuti pergolakan media yang dipakainya pula. (Mikke Susanto – In Between, Perupa Dalam Rotasi Media).

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source http://archive.ivaa-online.org http://archive.ivaa-online.org/pelakuseni/agus-suwage-1/page:6 http://www.biennalejogja.org/2013/artist/agus-suwage-idn/
Comments
Loading...