Lukisan “Kepala Naga” (Heno Airlangga)

Kepala Naga - Heno Airlangga
0 2.536

Lukisan Kepala Naga merupakan salah satu karya abstrak pelukis Indonesia, Heno Airlangga.

  • Pelukis : Heno Airlangga
  • Judul : “Kepala Naga”
  • Tahun : 2016
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 142,5 cm x 101 cm

Deskripsi Lukisan Kepala Naga

Naga, dalam berbagai peradaban dikenal dengan nama dragon (Inggris), draken (Skandinavia), Liong (Tiongkok), dikenal sebagai makhluk superior yang berwujud menyerupai ular, kadang bisa menyemburkan api, habitatnya di seluruh ruang (air, darat, udara). Meskipun penggambaran wujudnya berbeda-beda, namun secara umum spesifikasi makhluk tersebut digambarkan sebagai makhluk sakti.

Makna Simbolik

Naga atau Ular menurut pandangan kebanyakan Orang Indonesia, dianggap sebagai lambang dunia bawah. Sebelum Zaman Hindu (Neolithicum), di Indonesia terdapat anggapan bahwa dunia ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu dunia bawah dan dunia atas, dan masing-masing mempunyai sifat yang bertentangan. Dunia bawah antara lain dilambangkan dengan bumi, bulan, gelap, air, ular, kura-kura, buaya. Sedangkan dunia atas dilambangkan dengan matahari, terang, atas, kuda, rajawali.
Pandangan semacam itu juga hampir merata di seluruh bangsa Asia. Dalam cerita Mahabarata maupun pandangan kebanyakan Orang Indonesia sendiri sebelum Zaman Hindu, naga atau ular selalu berhubungan dengan air, sedangkan air mutlak diperlukan sebagai sarana pertanian.
Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.
Source Informasi Lukisan Indonesia Lukisan Karya Heno airlangga
Comments
Loading...