Lukisan “Kereta Kuda” (Agus Djaya)

Kereta Kuda - Agus Djaya
0 8.607

Lukisan “Kereta Kuda” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Agus Djaya.

Kereta Kuda – Agus Djaya
  • Pelukis : Agus Djaya
  • Judul : “Kereta Kuda”
  • Tahun : 1980
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 134 cm x 248 cm

Deskripsi Lukisan “Kereta Kuda”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya realisme dan ekspresionisme. Dengan teknik melukis menggunakan cat minyak di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis menggambarkan sebuah kereta kuda dan beberapa karakter pewayangan.

Karakteristik Karya

Figur Wanita

Kekhasan karya-karya Agus Djaya terletak pada gaya melukis figur wanitanya, baik dalam sikap maupun dalam komposisi. Dalam lukisan Agus Djaya terlihat adanya hubungan yang kuat antara ide dan cara pengelompokan, atau penyusunan komposisi figur yang terdapat pada relief candi yang menjadi sumber ilhamnya.

Namun demikian, figur tersebut telah diolah kedalam bentuk realita dan bentuk nyata manusia, sehingga memperlihatkan kesan kegemulaian dan kemolekan. Dan tidak sama dengan proporsi bentuk yang terdapat pada relief candi.

Dalam menggambarkan figur, Agus Djaya memfokuskan penggambaran wajah tokoh yang digambarkan melalui pandangan yang sayu, rambut lebat dan dengan uraian rambut tertentu, serta kening melengkung sebagai unsur penting dari wajah. Karya-karya Agus yang terbaik, berhasil mengekspresikan pandangan mata yang jernih serta dalam.

Rasa mistiknya tetap ada, disamping rasa sensual dari tokoh wanita yang digambarkan.

Rahasia Puitis Dalam Karya Agus Djaya

Umumnya karya Agus Djaya menggali lagi rahasia puitis dari timur yang bersumber dari masa kehidupan candi Indonesia. Karya lukis Agus Djaya mengajak kita untuk menghargai gema dari alam dekoratif, melalui warna maupun pembawaan kesan-kesan monumental komposisi karyanya.

Mitologi Pewayangan

Agus Djaya umumnya tertarik untuk menggambarkan mitologi pewayangan, diantaranya adalah untuk menggambarkan tokoh Arjuna dan Kresna dalam epik Mahabharata dan perang Bharatayuda.

Dalam hal ini, Agus Djaya nampak terpengaruh dengan seni relief candi dan wayang kulit, dimana dalam melukiskan figur wayang, Agus tidak selalu mewujudkannya dalam bentuk tiga dimensi.

Seorang tokoh kesatria dalam wayang dilukiskan olehnya dengan hidung yang mancung sebagaimana terdapat dalam wayang kulit atau wayang golek. Tetapi wayang ini dihidupkan sebagaimana figur manusia yang biasa, yang berpakaian seperti tergambar dalam relief candi, atau analogi dari tata pakaian pada wayang kulit dan wayang orang.

Karya Aquarel Agus Djaya

Dalam karya-karya aquarelnya, yang dibuat diatas kertas pada masa PERSAGI seperti potret istrinya dan seorang penari topeng Bali, rata-rata digambarkan berwarna monoton keabu-abuan dengan menunjukkan sapuan-sapuan kuas yang cepat.

Agus kemudian menghapus kembali sapuan tersebut dengan karet. Dengan cara demikian, maka akan menciptakan tekstur kertas yang tidak rata lagi, tetapi membentuk tekstur yang berombak.

Tema Sosial

Disamping sebjek matter yang berasal dari masa kecandian, Agus Djaya juga melukiskan kehidupan sehari-hari seperti pertunjukan rakyat, dengan menonjolkan sifat santai dan kocak dari figur yang digambarkan.

Misalnya dalam menggambarkan pemain gendang dan peniup seruling dari permainan pencak silat, atau pemain kuda kepang yang gemuruh dalam gaya Jawa Barat.

Dunia pewayangan rupanya amat menarik hati Agus. Dalam kanvas-kanvasnya, apabila Agus mengerjakan objek wayang, terasa ada kekayaan.

Ada suasana magis terpancar dari warna biru dan merah lukisan Agus Djaya. Sosok-sosok penari yang tampil dalam lukisannya merupakan penampilan suasana ritual dari masyarakat yang masih sangat dekat dengan alam.

Warna biru dan merahnya seperti sudah menemukan karakter tersendiri, sehingga merupakan idiom yang khas dari Agus.

Agus Djaya juga berkarya dengan sketsa-sketsa pena hitam putih.

Re-produksi lukisannya banyak mengisi buku koleksi lukisan Presiden Soekarno, yang dicetak di Beijing 1960-an.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://www.mutualart.com https://www.mutualart.com/Artist/Agus-Djaya/9D7BCE1695B47549/Artworks?Params=3130303433332C43757272656E74506167652C312C31 http://nasbahry-indeks.blogspot.com/2011/09/blog-post.html?m=1
Comments
Loading...