Lukisan “Kicau Burung di Hutan” (Widayat)

Kicau Burung di Hutan
0 1.672

Lukisan “Kicau Burung di Hutan” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Widayat.

Kicau Burung di Hutan
  • Pelukis : Widayat
  • Judul : “Kicau Burung di Hutan”
  • Tahun : 1985
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 90 x 140 cm

Deskripsi Lukisan “Kicau Burung di Hutan”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya kontemporer, batik kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan cat minyak di atas kanvas.

DWidayat pernah dijuluki pelukis beraliran “dekora-magis”, yang maksudnya kira-kira bercorak dekoratif namun bercitra magis. Sejumlah lukisannya memang memancarkan daya pukau yang hebat seperti itu, dengan kemampuannya melakukan stilisasi bentuk-bentuk pepohonan, burung, ikan, atau berbagai satwa kesukaannya sehingga sekaligus berfungsi sebagai motif hias, namun luluh di dalam pengolahan warna yang bertumpuk, kelam, berat, menghasilkan tekstur dan memberi kesan subtil. Karya bertema Hutan (1971) diperkuat dengan ragam warna yang harmonis, bentuk objek yang distortif dengan garis yang membentuk helai-helai daun yang beraneka untuk membedakan jenis pohon satu sama lain. Karya awal Widayat ini bersuasana sepi, penuh dengan hiasan daun, tidak mengambil tema dari perbendaharaan karyanya yang khas: burung, ikan, pohon flamboyan, perempuan, atau simbol-simbol persoalan lain khas Widayat.

Lukisan ini merupakan karya Widayat yang cenderung menangkap akan esensi hutan dan burung, dibanding menggambarkan pemandangan alam atau keindahannya.

sumber: Perjalanan Seni Lukis Indonesia. Jakarta. 2004. Hal.82

Karakteristik Karya

Widayat merupakan salah satu seniman ternama dari Indonesia. Dia disebut sebagai salah satu pelukis Jawa yang berpengaruh di abad ke-20.

Ia disebut sebagai pelukis serbabisa. Berbagai macam gaya melukis hingga tema terhadap objek lukisannya selalu berbeda-beda. Falsafah hidupnya adalah berdoa, berkarya, dan beramal. Karya lukisnya banyak menampilkan flora dan fauna karena terinspirasi dari pengalamannya saat bekerja di bidang kehutanan.

Gaya Dekora-magis

Dalam ciptaan artistiknya Widayat sering dianggap sebagai penganut dekora-magis. Sebuah aliran seni yang menyandarkan pada dekoratifisme. Ia memasukkan unsur magis ke dalam lukisannya sehingga dalam karya-karyanya selalu ada yang menggetarkan. Semacam sihir yang memancar dari rupa dan warna. Melukis bagi Widayat adalah nafas kehidupannya. Tiada hari tanpa melukis.

Di usianya yang telah lanjut Widayat tetap melukis dengan sepenuh hati. Dengan berbekal imajinasi yang kuat, Widayat melukis dengan teliti. Widayat sangat memperhatikan komposisi, warna, garis dalam setiap karyanya.

Teknik Bold Impasto

Teknik bold impasto (tekstur tebal) adalah teknik melukis dengan cara melapisi setahap demi setahap dengan cat hingga tebal pada permukaan kanvas. Lapisan demi lapisan dicoretkan dengan kuas atau pisau palet.

Lukisan Widayat diciptakan dengan tekstur tebal, warna-warna tersier dan kombinasi kontur tebal dan tipis. Corak lukisan Widayat sangat cocok dilukiskan dengan tekstur tebal. Figur-figur pada lukisannya mengalami stilisasi dan deformasi, kontur tebal serta tipis membentuk unsur piktorial lukisan secara harmonis. Tekstur tebal berperanan dalam mengatur nuansa warna, hingga lukisan tampak menarik.

Teknik bold impasto atau tekstur tebal pada lukisan Widayat merupakan bentuk kreativitas sang pelukis untuk menciptakan lukisan berkarakter Indonesia. Pelukis generasi Widayat sangat kuat dengan karakter kebangsaan, ia adalah pelukis yang sekuat hati berusaha menciptakan lukisan berkarakter dengan menggali nilai-nilai lokal dari daerahnya. Kemampuan pelukis Widayat menstilisasi dan mendeformasi figur-figur pada lukisannya dan menerapkan teknik bold impasto untuk membentuk karakter lokal, menunjukkan kemampuan krativitasnya yang tinggi.

Museum Haji Widayat

Museum Haji Widayat adalah wujud nyata dari sebuah impian, obsesi dan prestasi dari pelukis Widayat. Impian dan obsesinya untuk memelihara dan mengabadikan karya-karya pelukis muda, khususnya mahasiswa Akademi Seni Rupa Indonesia/ASRI (Institut Seni Indonesia/ISI). Selama lebih dari 40 tahun, sebelum akhirnya terealisasi, memiliki museum merupakan cita-cita Widayat. Mungkin hal tersebut adalah obsesi terbesar dari seorang Widayat. Bukan saja sebagai tempat memamerkan karya-karya pribadinya maupun karya-karya pelukis dan perupa lain, tetapi juga sebagai seniman yang menjadi dosen Akademi Seni Rupa Indonesia, motivasi utamanya adalah menjadikan museum pribadinya sebagai tempat untuk belajar dan mengapresiasi karya seni.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://www.mutualart.com https://www.mutualart.com/Artist/Haji-Widayat/0D3E0ED90BCD3FA1/Artworks?Params=3130303433332C43757272656E74506167652C382C31 http://harian.analisadaily.com/mobile/seni/news/teknik-bold-impasto-lukisan-widayat/67902/2014/09/28
Comments
Loading...