Lukisan “Killing Sudjojono” Karya Suroso Isur

Killing Sudjojono - Suroso Isur
0 5.554

Lukisan “Killing Sudjojono” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Suroso Isur.

Killing Sudjojono – Suroso Isur
  • Pelukis : Suroso Isur
  • Judul : “Killing Sudjojono”
  • Tahun : 2017
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 40 cm x 40 cm

Deskripsi Lukisan “Killing Sudjojono”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya kontemporer, realisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat minyak di atas kanvas. Karya seni yang Isur buat terkenal dengan kritik sosialnya, kesenjangan yang terjadi antara masyarakat kelas atas dan kelas bawah tak kunjung usai, ini yang ia tumpahkan dalam lukisan.

Lukisannya menggambarkan pergulatan idealismenya sebagai seorang pelukis dan subjek dalam lukisannya yang ingin mengekspresikan ide orisinilnya dengan isu plagiarisme, bebas berekspresi, tapi juga berhadapan dengan pilihan untuk mengikuti keinginan pasar.

Tema dan Objek Lukisan

Suroso Isur semakin dikenal setelah memenangkan ajang UOB Painting of the Year dan menyisihkan lebih dari 1600 peserta. Suroso adalah seniman lulusan Institut Seni Indonesia dan Universitas Gadjah Mada. Ia telah meraih berbagai macam penghargaan, termasuk juara poster kependudukan internasional di New York. 

Suroso mengelola dunia batinnya yang pekat dengan melukis realistik; pelan-pelan, lapis demi lapis, seperti membongkar lapisan-lapisan kulit yang membungkus jiwa dan pikirannya, untuk memburu “isi dan inti” yang mencerahkan. Hampir semua karyanya dengan figur perempuan muda dan cantik. Dan memang, di sekitar sosok perempuan itulah Suroso memendam luka. Perempuan cantik, halus, tetapi memiliki potensial “melukai” jiwa yang begitu dalam.

Karya-karya Suroso, mengisyaratkan tentang perlawanan (dirinya) terhadap rasa cemas yang merepresi, juga masa lalu yang meneror, melalui sosok-sosok muda, lembut, dan cantik. Sosok-sosok yang sesungguhnya sangat rapuh, penuh luka-luka di beberapa bagian tertentu, dan dijahit oleh benang-benang merah yang berseliweran di sekitarnya. Sebuah panorama yang jauh dari watak menggoda, namun mewujud oleh dorongan untuk mencari cahaya terang.

Teknik Lukisan

Karya Isur mengisyaratkan kembali jayanya seni rupa yang berdasar pada pendekatan seni lukis, di mana kejadian atau pemandangan dilukiskan dengan warna-warna medium cat dalam sapuan-sapuan kuas atau pisau palet yang lebih mengutamakan spontanitas yang muncul dari perasaan atau emosi, ketimbang ketepatan/presisi rasional yang melibatkan fotografi, desain grafis, dan faktor lainnya.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/suroso-isur https://m.antaranews.com/berita/643602/art-jakarta-2017-tampilkan-live-painting-unity-in-diversity-video
Comments
Loading...