Lukisan Kwan Kong

Siratan sebuah lukisan

Karya Affandi Koesoema
0 1.849

Lukisan Kwang Kong merupakan salah satu karya Affandi, belum diketahui pasti mengenai latar belakang pembutan lukisan ini. Namun dari beberapa sumber, Kwang Kong merupakan seorang panglima perang kenamaan pada zaman Sam Kok yang bernama asli Guan Yu yang terkenal dengan kesetiaan dan kejujurannya.

Lukisan Kwang Kong
  • Pelukis: Affandi
  • Tahun: 1965
  • Judul : ” Kwan Kong “
  • Ukuran : 100cm X 150cm
  • Media : Oil on Canvas
  • Aliran : Ekspresionisme

Sejarah Kwang Kong (Guang Yu)

Guan Yu dipuja karena kesetiaan dan kejujuran. Dia adalah lambang teladan sifat ksatria sejati yang selalu menempati janji dan setia pada sumpahnya. Oleh sebab itu Guan Yu banyak dipuja di berbagai kalangan masyarakat, disamping kelenteng-kelenteng. Lukisan Nya banyak dipasang di rumah pribadi, toko, bank, kantor polisi, pengadilan, sampai di markas organisasi mafia; dimana para anggota perkumpulan rahasia itu biasanya melakukan sumpah setia satu sama lain. Mungkin itu juga yang menjadi alasan Sang Maestro Affandi membuat lukisan ini.

Julukan Dewa Perang sebagai umumnya dikenal dan dialamatkan kepada Guan Yu, diartikan sebagai Dewa untuk menghindarkan peperangan dan segala akibatnya yang menyengsarakan rakyat, sesuai dengan watak Guan Yu yang budiman.

Demikianlah sekilas tentang Kwang Kong. Jika Anda para Apresiator mempunyai sumber lain tentang lukisan Kwang Kong karya Affandi ini. Silahkan share di komentar. Semoga bermanfaat.

Source Informasi Lukisan Indonesia Sejarah Dewa Kwang Kong Lukisan Affandi
Comments
Loading...