Lukisan “Landschap met Flamboyantboom” Karya Hasim

Landschap met Flamboyantboom - Hasim
0 3.814

Lukisan “Landschap met Flamboyantboom” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Hasim.

Landschap met Flamboyantboom – Hasim
  • Pelukis : Hasim
  • Judul : “Landschap met Flamboyantboom”
  • Tahun : –
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 63 cm x 92 cm

Deskripsi Lukisan “Landschap met Flamboyantboom”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya mooi indie, impressionis. Dengan teknik melukis menggunakan cat minyak di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis menggambarkan pemandangan alam dan aktivitas di sekitarnya. Terlihat panorama pegunungan yang berdiri kokoh di bawah langit berawan, dan orang-orang yang sedang bekerja di sawah menguning di bawah pepohonan hijau dan flamboyan merah.

Karakteristik Karya

Tema Lukisan Hasim

Hasim adalah salah satu pelukis yang gemar meng­hadirkan suasana ke­hidupan di pe­desaan yang ser­ba tradisional dan mar­jinal di dalam karyanya. Pelukis yang bergaya Mooi Indie ini memang mahir seperti itu. Kehadiran masyarakat berlevel pinggiran, alam pegunungan, sungai, danau, dan juga petani.

Da­lam jajaran pelukis papan atas di Indonesia, nama Hasim hampir tak pernah disinggung-singgung. Padahal karya­nya punya ciri khas baik dalam tema­tik maupun teknik melu­kis­nya yang ber­karakter. Teknik lukisan Hasim sangat unik dan memiliki ciri yang sangat khas yang tidak dimiliki pelukis lainnya. Karya-karya Hasim selalu di buru dan terjual di hampir semua balai lelang terkenal di dalam dan luar negeri.

Menurut Hasim, kehidupan pedesaan iden­tik de­ngan masyarakat yang selalu meng­har­gai satu dengan yang lainnya ter­utama menyangkut keagamaan. Sa­ling bertoleransi menghargai keberagaman, baik ke­percayaan maupun etnik dan saling mem­­bantu. Suasana desa yang be­gitu asri melengkapkan keberadaan bumi per­tiwi bagaikan surgawi dunia.

Bumi nu­santa­ra yang bhi­neka (berbeda) ini me­rupakan anu­gerah dari Tu­han yang maha kuasa. Itulah yang tersirat pada karya Hasim.

Lukisan Hasim Bernuansa Cinta Damai

Lukisan Hasim juga berha­sil meng­ha­dirkan nuansa cinta damai di an­taranya berjudul “Wanita dan Sesaji”. Tema re­ligi kehidupan di Pulau Dewata Bali juga tercermin da­lam lukisan “Persemba­han”.

Tak kalah dahsyat ada­lah ketika ia bercerita tentang keasrian alam, indahnya se­bu­ah “Ngarai” (Ngarai adalah bentang alam yang menyerupai lembah yang memiliki sisi (tebing) yang hampir tegak lurus dengan permukaan tanah. Keadaan tebing pada ngarai ini sangat curam. Ngarai dapat terbentuk dari lembah yang terus menerus terkikis air), yang banyak tersaji di Su­matera Barat. Sebetulnya, ba­nyak pelukis yang menghadir­kan suasana cinta damai, tetapi yang diciptakan Hasim sungguh istimewa dan berbeda.

Lu­kisan cinta damai untuk saling bersahabat terpapar molek da­lam lukisan “Panen, 1975” dan juga “Panen Padi di Sa­wah”. Para wanita sedang mengum­pul­kan rumpun padi, be­kerjasama (gotong royong) meng­ga­rap hasil panen itu. Suasana itu me­nunjukkan be­tapa ringan sebuah be­ban apabila di­ker­ja­kan secara gotong royong.

Aktivitas masyarakat cu­kup meriah di pasar atau tem­pat jual beli kebutuhan pokok sehari-hari, terpapar apik da­­­lam lukisan “Pasar Rak­yat”. Pada desa tertentu pasar rakyat ini hanya ada pada hari tertentu saja.

Lu­ki­san tentang pasar di­gam­bar­kan sempurna oleh Hasim me­lalui sekumpulan orang saling tawar me­nawar harga. “Penju­al Buah”, se­buah lukisan yang mampu bercerita tentang pem­beli dengan pedagang buah se­gar.

Selain akses jalan yang belum bagus, pada zaman dulu para petani, pedagang, dan masyarakat banyak me­makai tenaga hewan lembu sebagai alat transportasi, trans­por­tasi itu bernama pedati.

Lukisan dengan tema tersebut pernah dibuat oleh Hasim dengan judul “Pedati”, yang kini sudah sangat langka keberadaannya.

Pada hakikatnya, manusia ingin se­lalu hidup berdampi­ngan, saling me­nga­sihi dan cin­ta damai itulah pesan ter­sirat pada lukisan Hasim.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia

Source http://www.artnet.com http://www.artnet.com/artists/hasim/ http://harian.analisadaily.com/mobile/seni/news/cinta-damai/331762/2017/03/05
Comments
Loading...