Lukisan “Lingga-Yoni” Karya Arahmaiani

Lingga-Yoni - Arahmaiani
0 5.422

Lukisan “Lingga-Yoni” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Arahmaiani.

Lingga-Yoni – Arahmaiani
  • Pelukis : Arahmaiani
  • Judul : “Lingga-Yoni
  • Tahun : 2013
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 120 cm x 140 cm

Deskripsi Lukisan “Lingga-Yoni”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak, kontemporer, ekspresionisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas. Arahmaiani dalam karya-karyanya seringkali mengkritisi konsep pemikiran-pemikiran saudaranya sesama Muslim di Indonesia dan dunia. Hal tersebut juga diiringi dengan keputusannya untuk memperjuangkan kesetaraan gender pada masa kontemporer.

Perjalanan Karier

Arahmaiani lahir di Bandung, Indonesia pada tanggal 21 Mei 1961. Ia adalah seniman Indonesia kelahiran Bandung yang berbasis di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Indonesia. 

Ayahnya adalah seorang ulama dan ibunya adalah seorang Muslim yang berasal dari latar belakang agama Hindu-Buddha. Ia menjelaskan bahwa namanya merupakan perwakilan bentuk sinkretisme atau percampuran dua budaya yang ia alami dalam asuhannya: “Arahma” berasal dari bahasa arab yang berarti “cinta” dan “iani/yani” berasal dari bahasa Hindi yang berarti “manusia.

Arahmaiani dianggap seringkali menyinggung masalah gender dan religi, serta melakukan kritik terhadap keadaan sosial melalui karyanya. Di tahun 1994, karyanya yang berjudul “Lingga Yoni” dan “Etalase” menjadi kontroversi karena dianggap menghina agama.

Keputusan Arahmaiani menjadi seorang perupa yang secara intens dan kritis menolak kebijakan-kebijakan dan kondisi keagamaan mau pun persepsi masyarakat, menjadikannya terasingkan dari aktualisasi diri pada skena kesenian nasional. Di balik keterasingan tersebut, akhirnya nama Arahmaiani justru melejit dalam medan sosial seni internasional seperti biennale di Venice, Sao Paulo, Havana, Yokohama, Gwangju, Sarjah, Asia-Pasifik triennale, serta pameran-pameran besar seperti Cities on the Move (berbagai lokasi, dari tahun 1990) dan Global Feminism (Museum Brooklyn, 2007). 

Karakteristik dan Tema Lukisan

Arahmaiani adalah salah satu figur penting dalam perkembangan seni rupa kontemporer di Indonesia. Ia merupakan salah satu pelopor dalam perkembangan performance art di Indonesia dan Asia Tenggara. Arahmaiani kerap kali menggunakan seni rupa sebagai media kritik terhadap isu sosial, agama, dan budaya.

Karyanya menyentuh isu-isu mengenai diskriminasi, kekerasan dan penindasan terhadap tubuh perempuan, feminisme, seksualitas, agama dalam masyarakat modern, kapitalisme, dan industrialisasi. Dari sejak awal tahun 1980-an, karya-karyanya banyak menuai reaksi yang keras dari sebagian pemimpin komunitas Islam dam beberapa pemimpin politik yang berakibat dengan hukuman penjara dalam waktu singkat pada tahun 1983.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.  

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/arahmaiani https://id.m.wikipedia.org/wiki/Arahmaiani
Comments
Loading...