Lukisan “Lonely Heart” (Tanto Sutianto)

Lonely Heart - Tanto Sutianto
0 2.341

Lukisan Lonely Heart merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Tanto Sutianto.

Lonely Heart – Tanto Sutianto
  • Pelukis : Tanto Sutianto
  • Judul : “Lonely Heart”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 57.1 H x 57.1 W x 1.6 in

Deskripsi Lukisan Lonely Heart

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak Ekspresionis. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis mencoba menggambarkan imajinasinya tentang hati yang sunyi.

Makna Lukisan

Kehidupan merupakan satu medan yang tidak terjangkau aturannya. Namun bukan bermakna kita tidak boleh merancang kehidupan yang kita kehendaki. Perasaan yang hadir pun silih berganti. Adakalanya kita gembira, adakala kita sedih. Itulah uniknya manusia, memiliki perasaaan dan hati yang terkesan dengan keadaan persekitaran. Hanya, di sinilah kebijaksanaan manusia diuji, bagaimana untuk kita berinteraksi dengan perasaan-perasaan itu.

Sunyi dan sepi mempunyai hubungan erat dengan kesendirian. Keadaan diri yang sendiri akan mengundang datangnya sepi, itulah realitas hidup yang akan dialami manusia untuk pertama kali. Manusia kebanyakan akan takut dengan kesendirian.

Itu semua boleh jadi merupakan kodrat hidup manusia, namun demikian bukan berarti manusia harus kalah dengan kodrat hidup tersebut. Bahkan manusia dalam kapasitasnya dituntut untuk berlatih menghadapi segala sesuatu yang menjadi kelemahannya.

Ketakutan manusia akan kesendirian memang suatu hal yang wajar. Pada hakikatnya Tuhan menciptakan manusia dalam keadaan lemah (dlo’if), yang membuatnya selalu membutuhkan orang atau sesuatu selainnya.

kesendiriran yang telah terwujud dalam sepi, setelah direnungkan dan dirasakan dapat membuahkan kesunyian. Sunyi berawal dari keadaan sendiri dan sepi itu, yang dalam ukuran tertentu karena sepinya, ia tidak merasakan sendiri dan sepi lagi, itulah sunyi. Dengan bersunyi-sunyi manusia akan banyak melihat dan bicara pada dirinya sendiri. Ia akan mengukur, mengkaji dan mengintrospeksi dirinya.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Lonely-heart/409866/1943975/view https://www.kompasiana.com/padhepokansantri76/sendiri-sepi-dan-sunyi_550a64c6813311e178b1e173
Comments
Loading...