Lukisan “Lugere Ergo Sumus” Karya Terra Bajraghossa

Lugere Ergo Sumus - Terra Bajraghossa
0 5.321

Lukisan “Lugere Ergo Sumus” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Terra Bajraghossa.

Lugere Ergo Sumus – Terra Bajraghossa
  • Pelukis : Terra Bajraghossa
  • Judul : “Lugere Ergo Sumus”
  • Tahun : 2011
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 135 cm x 185 cm

Deskripsi Lukisan “Lugere Ergo Sumus”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas. Lukisan ini menggambarkan robot wanita cantik dengan pose tertidur. Dari bagiam perut dan paha tersambung kabel yang mengalirkan listrik menjadi api.

Perjalanan Karir

Terra Bajraghosa lahir pada 12 April 1981, di Yogyakarta. Terra merupakan lulusan dari Program Desain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia, Yogyakarta. Selain menjadi seniman, Terra juga berprofesi sebagai pengajar di ISI, Yogyakarta. Terra seringkali menggunakan nama “Robotgoblok” sebagai alter-ego ketika berkarya. Sejak tahun 2003, karya Terra sudah dipamerkan dalam beberapa pameran bersama, yaitu pada: ” Soundgarden” dalam Festival Kesenian Yogyakarta; “2003 Comic and Animation Week” di Taman Budaya Yogyakarta: dan “Biennale Jogja VII; dan Country Bution” bersama Komunitas Daging Tumbuh di Taman Budaya Yogyakarta. Pameran Tunggal Terra yang telah terselenggara antara lain: “Robotgoblokisme” di Cemeti Art House, Yogyakarta (2006), dan “Robotgoblok and the Pop Caste” di Sigiarts, Jakarta (2008).

Tema dan Objek Lukisan

Terra menampilkan berbagai karyanya yang terinpirasi oleh berbagai cerita laga, seperti: Star Wars, Star Trek, Wolverine dari X-Men, Kill Bill, dan Kamen Rider. Berbagai tokoh/bagian dari cerita laga tersebut kemudian diolah Terra dengan menambahkan gaya robot yang telah dianggap menjadi cirinya. Hendro Wiyanto sebagai kurator, menilai karya Terra cenderung menggunakan warna cerah serta menampilkan citra yang flat. Menurutnya dengan cara tersebut, Terra menghasilkan ironi berupa citra “flat” yang jarang ditampilkan oleh para karakter tersebut.

Teknik Lukisan Pixel

Dari semua karya yang ditampilkan, baik berupa lukisan tangan, print, kruistik, patung, video, bahkan media interaktif, semuanya benar-benar memakai konsep pixel.

Pixel yang selama ini hanya dianggap sebagai suatu bentuk satuan dalam tampilan layar monitor komputer, berhasil dimaknai dan digarap lebih jauh oleh pria berkacamata ini, menjadi suatu karya yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya, dan ini menjadi hal yang menarik dan mengusik rasa ingin tahu para penikmatnya.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/terra-bajraghossa http://archive.ivaa-online.org/pelakuseni/terra-bajraghosa
Comments
Loading...