Lukisan “Lukisan 2011 #2” Karya Nunung WS

Lukisan 2011 #2 - Nunung WS
0 5.502

Lukisan “Lukisan 2011 #2” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Nunung WS.

Lukisan 2011 #2 – Nunung WS
  • Pelukis : Nunung WS
  • Judul : “Lukisan 2011 #2
  • Tahun : 2011
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 120 cm x 150 cm

Deskripsi Lukisan “Lukisan 2011 #2”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak, ekspresionisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas.

Perjalanan Karir

Nunung WS adalah pelukis perempuan dari Lawang, Jawa Timur, Indonesia, lahir 9 Juni 1948. Ia mulai melukis pada tahun 1967 dan belajar melukis di Akademi Seni Rupa Surabaya (AKSERA). Saat Nunung di sekolah dasar, idolanya adalah Kartika Affandi, meskipun orangtuanya ingin ia kuliah tentang agama, ia sudah mengambil keputusan untuk menjadi pelukis.

Nunung pernah mengadakan pameran di Indonesia, Malaysia, Belgia dan Belanda. Ia menjadi pendiri Nuasna Indonesia dan pernah jadi dosen tamu di Academie Minerva Groningen, Belanda. Ia dapat penghargaan dari Dewan Kesenian Jakarta pada pameran besar seni lukis Indonesia (1978), Ford Foundation’s Indonesia Women Artist’s Program di USA (1992), dan dari Menteri Negara Urusan Peranan Wanita RI karya terbaik “Krida Wanadya”(1994). Nunung dianggap sebagai satu-satunya pelukis perempuan abstrak penting di Indonesia. Dari perempuan pelukis zaman karya abstrak, Nunung adalah pelukis yang paling aktif sampai hari ini.

Karakteristik Karya

Pada awalnya, karya Nunung dipengaruhi dari warna-warna yang kuat dan ekspresif seperti karya pelukis dan guru Nashar. Lama-kelamaan ia pindah dari gaya ekspresionis yang realistik ke gaya abstrak. Hal spiritual menjadi ciri penting di dalam karyanya. Pada tahun 1989, Nunung mengata bahwa ia mencoba mengekspresikan kembali apa yang pernah ia lihat, ia alami, ia hayati dan ia rasakan di alam ini lewat warna. Karena itu merupakan daya tarik. Di dalam melukis, baginya tidak terikat pada bentuk, karena bentuk-bentuk yang ada selalu akan mengikatkan diri pada sesuatu. Lantas Nunung mencoba masuk ke dalamnya melalui penghayatan dan abstraksi terhadap bentuk itu sendiri. Sehingga dengan bebas ia berekspresi lewat sapuan warna yang ia inginkan.

Tema Lukisan

Nunung lebih cenderung mengabstraksikan objek-objeknya seperti: pemandangan, perahu, gunung/bukit, sosok manusia atau modelnya sebagai media penyampaian ide yang lahir akibat penghayatannya terhadap apa saja yang dijadikan observasinya.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/nunung-ws https://id.m.wikipedia.org/wiki/Nunung_WS
Comments
Loading...