Lukisan “Lumpur Gonjang Ganjing” Karya Hening Purnamawati

Dialog Alam Imajiner
0 2.694

Lukisan “Lumpur Gonjang Ganjing” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Hening Purnamawati.

Lumpur Gonjang Ganjing – Hening Purnamawati
  • Pelukis : Hening Purnamawati
  • Judul : “Lumpur Gonjang Ganjing”
  • Tahun : –
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 130 x 130 cm

Deskripsi Lukisan “Lumpur Gonjang Ganjing”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya  surealisme, kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media cat minyak di atas kanvas.

Latar Belakang

Hening Purnamawati adalah perupa yang dikenal lewat karya-karyanya yang bercorak surealisme. Walau telah tiada, aktivitas berkesenian dan karya-karya yang diciptakannya akan dikenang sepanjang masa.

Setiap seniman adalah buku yang tidak akan habis dibaca dan dibicarakan. Ungkapan ini barangkali tepat untuk menggambarkan sosok Hening Purnamawati. Ia adalah sedikit dari perupa perempuan Indonesia yang dikenal lewat pengembaraan imaginasinya dan banyak tertuang dalam karya-karyanya.

Teknik dan Karakteristik Karya

Selama ini Hening dikenang sangat piawai dalam mengolah bentuk-bentuk figur manusia, hewan, tumbuhan, dan alam saling kait mengkait. Bentuk olahan itu kadang menyerupai sulur, ada yang panjang, meliuk-liuk, bahkan tak berujung, dan bisa jadi sangat rumit, pelik, dan penuh misteri. Hening seakan mengajak penikmat karyanya memasuki belantara imajinatif dan membiarkan penikmatnya untuk mereguk nilai-nilai di balik narasi visual karyanya yang terkadang bernada satire atas persoalan-persoalan sosial, politik, persoalan personal, dan terkadang menawarkan  nilai nilai perenungan religi.

Berkat kecakapan teknik dan kepiawaiannya mengolah pokok perupaan yang bernuansa imaginatif dalam karya-karyanya, Hening telah meraih sejumlah penghargaan dari kompetisi bergengsi yang diselenggarakan di negeri ini.

Sejak itulah nama Hening terus berkibar sebagai perupa yang mencatatkan diri dalam pemaran-pameran lukisan bergengsi di dalam maupun di luar negeri. Meski demikian, ia tetap berendah hati bersedia ikut pameran kecil-kecil atau sekadar menjalin tali silaturrahim. Kiprahnya yang terus berdenyut membawa nama harum Jatim berbuah penghargaan sebagai Tokoh Populer Berprestasi Jawa Timur dalam bidang seni lukis dari Surabaya Enterprise Harian Surabaya Post (1996). Penghargaan tingkat nasionalpun diperoleh dari Menteri Pariwisata, Seni dan Budaya RI (1998) dalam meningkatkan kreativitas seni lukis Indonesia.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://www.mutualart.com/Artist/Hening-Purnamawati/CEE9C131163A4BFC/Artworks https://www.mutualart.com/Artist/Hening-Purnamawati/CEE9C131163A4BFC/Artworks https://sarasvati.co.id/exhibition/10/senandung-alam-imajiner-sang-hening/
Comments
Loading...