Lukisan “Malay Dance” (Afriani)

Malay Dance - Afriani
0 26.389

Lukisan Malay Dance merupakan salah satu tema dance karya perupa seni lukis Indonesia, Afriani.

  • Pelukis : Afriani
  • Judul : “Malay Dance”
  • Tahun : –
  • Ukuran : 31.5 H x 31.5 W x 2.8 in
  • Media : Oil on Canvas

Deskripsi Lukisan Malay Dance

Lukisan ini menggambarkan tentang salah satu tarian khas Indonesia yaitu Tari Melayu yang berasal dari Riau, Sumatera Utara.

Makna Tersirat

Tari Melayu adalah satu di antara produk budaya masyarakat yang ada di Nusantara yang tidak luput mengalami pengaruh dan dinamika sejarah dan sosial masyarakat. Sebagai sebuah produk dari sebuah entitas masyarakat, tari Melayu dalam kesejarahannya tidak bisa merujuk pada sebuah batas teritori satu wilayah, dan bahkan satu negara tertentu. Ia bahkan adalah produk sebuah bangsa yang bisa dilacak hadir sebelum adanya batas negara, sehingga keberadaannya bisa dirujuk pada banyak negara dalam satu kawasan. Sebagai budaya, Melayu pada dasarnya tidak bisa diklaim sebagai milik satu negara tertentu.

Pada periode tahun 1950an, tari Melayu banyak berkembang di Negara Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam. Bahkan Soekarno sempat mencanangkan para pemudi-pemuda Indonesia untuk belejar tari Melayu “Serampang 12” sebagai usaha untuk membentengi pergaulan dari tarian-tarian budaya Barat (Cha-Cha, Waltz, Agogo, dll) yang trend di kalangan anak muda kala itu. Jauh sebelumnya pada masa kemerdekaan, budaya Melayu sebenarnya juga sangat dekat dengan hiburan rakyat, seperti pada teater bangsawan ataupun Komedi Stamboel, serta pada masa masuknya Islam di Nusantara yang banyak menggunakan budaya Melayu sebagai alat syiar agama.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Afriani
Comments
Loading...