Lukisan “Mattress” (Rinaldi Syam)

Mattress - Rinaldi Syam
0 4.637

Lukisan Mattress merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Rinaldi Syam.

Mattress – Rinaldi Syam
  • Pelukis : Rinaldi Syam
  • Judul : “Mattress”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 63 H x 78.7 W x 2.4 in

Deskripsi Lukisan Mattress

Lukisan ini merupakan lukisan landscape dengan gaya realisme. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Karya ini terinspirasi oleh pelukis Lucio Fontana, pelukis berkebangsaan Italia namun terlahir di Argentina, pendiri dari Mouvement spatialiste, assosiasi seniman informal dengan ciri khas robekannya. Selain itu lukisan ini juga terinspirasi oleh karya René Magritte, yaitu seniman surrealis yang berasal dari Belgia. Rinaldi menyukai karya surealisme, dengan karya ini ia berharap bisa menyampaikan ide di atas kanvas untuk menceritakan sebuah cerita agar bisa dinikmati oleh pecinta seni. Dengan karya ini Rinaldi berharap lebih dikenal dan menjadi bagian dari salah satu seniman dunia.

Makna Lukisan

Dalam membuat sebuah karya seni lukis, para seniman menentukan tujuan pembuatan karya tersebut. Tujuan-tujuan yang dipilih oleh para seniman antara lain tujuan religius, magis, simbolis, estetis, komersil, dan ekspresi.

Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai. Bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih media, dan suatu set peraturan untuk penggunaannya. Suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat media, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk. Sekalipun demikian, banyak seniman mendapat pengaruh dari orang lain masa lalu, dan juga beberapa garis pedoman sudah muncul untuk mengungkap gagasan tertentu lewat simbolisme dan bentuk (seperti bakung yang bermakna kematian dan mawar merah yang berarti cinta).  Seperti lukisan karya Rinaldi ini.

Seni rupa murni merupakan hasil karya seni yang dibuat oleh seorang seniman fungsinya melainkan semata-mata hanya untuk dinikmati keindahannya saja. Kebanyakan seni rupa yang dapat ditemui merupakan hasil yang memberikan arti simbolik. fungsi dari hasil karya tersebut hanya sebagai lukisan keindahannya saja.

Seni rupa murni berfungsi untuk memuaskan batin di dalam ciptaannya yang lebih utama nilai keindahan yang manusia yang berisi nilai budaya diapresiasikan pola kelakuan dengan media titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang ditata dengan prinsip tertentu hingga menghasilkan suatu karya yang indah dan bermakna. Seni rupa murni biasanya mempunyai keunikan atau ciri khas tersendiri.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Mattress/350205/3094886/view https://www.google.co.id/amp/s/ilmuseni.com/seni-rupa/perbedaan-seni-rupa-murni-dan-terapan/amp
Comments
Loading...