Lukisan “MELIHAT KAKI MEMBUAT LINGKARAN LOOKING AT FEET MAKING CIRCLE” Karya Handiwirman Saputra

MELIHAT KAKI MEMBUAT LINGKARAN LOOKING AT FEET MAKING CIRCLE - Handiwirman Saputra
0 5.525

Lukisan “MELIHAT KAKI MEMBUAT LINGKARAN LOOKING AT FEET MAKING CIRCLE” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Handiwirman Saputra.

MELIHAT KAKI MEMBUAT LINGKARAN LOOKING AT FEET MAKING CIRCLE – Handiwirman Saputra
  • Pelukis : Handiwirman Saputra
  • Judul : “MELIHAT KAKI MEMBUAT LINGKARAN LOOKING AT FEET MAKING CIRCLE”
  • Tahun : 1999
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 90 cm x 80 cm

Deskripsi Lukisan “MELIHAT KAKI MEMBUAT LINGKARAN LOOKING AT FEET MAKING CIRCLE”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya kontemporer. Dengan teknik melukis menggunakan media cat minyak di atas kanvas.

Latar Belakang

Handiwirman Saputra dikenal sebagai perupa kontemporer yang bersama 20 seniman Indonesia lainnya masuk dalam deretan 500 pelukis terlaris di dunia. Data tersebut berasal dari Top 500 Artprice 2008/2009 yang disusun oleh sebuah lembaga analis perkembangan pasar seni rupa dunia, Artprice, yang berbasis di kota Paris, Prancis.

Handiwirman mulai tertarik seni rupa berawal dari kesenangannya pada bidang pertukangan. Maka selepas SMA Handi masuk Institut Seni Indonesia Jurusan Kriya Kayu pada tahun 1993. Handiwiman menghasilkan karya berupa lukisan dan benda tiga dimensi. 

Selama ini Handiwirman dikenal handal dalam menyelesaikan beberapa proyek karya seni sejumlah perupa lain, khususnya yang meyangkut segi rakit-merakit, mengelas, membuat konstruksi, mengoperasikan alat mekanik atau elektrik dan sebagainya. Ia sangat piawai dalam mengerjakan karya dengan berbagai bahan yang beragam seperti kain, besi, mekanikal, elektrikal.

Teknik dan Karakteristik Karya

Keterampilan teknis yang dimilikinya adalah kemampuan untuk menciptakan sebuah estetika yang spesifik dan unik sesuai dengan pemikirannya, kreativitas serta kecerdasan berpikir dan pengalaman batinnya. Hal ini membuat Handi mendapat tempat khusus dalam seni rupa Indonesia.

Catatan Kuratorial

Jim Supangat sebagai kurator menilai karya Handiwirman cenderung menggali permasalahan personal. Dalam karyanya seringkali juga terdapat berbagai tanda dan ekspresi yang menunjukan bahwa antara permasalahan komunal, permasalahan sosial, serta personal sesungguhnya tidak memiliki batas yang jelas. karya Handiwirman dinilai juga merupakan bentuk dari proses indentifikasi diri yang terus menerus mengalami rekonfigurasi. Posisi “Aku” dalam karyanya seringkali berpindah-pindah dan tidak selalu berseberangan dengan masyarakat. Untuk menunjukan hal tersebut, Handiwirman mengangkat persoalan yang dianggap remeh. Dengan caranya tersebut, Handiwirman dinilai telah menemukan sensibilitas yang hilang dalam kehidupan sosial-politik.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com https://indoartnow.com/artists/handiwirman-saputra https://gudeg.net/direktori/841/handiwirman-saputra.html
Comments
Loading...