Lukisan “Melting Memories-Rereading Landscape #2 (1)” (Jumaldi Alfi)

Melting Memories-Rereading Landscape #2 (1) - Jumaldi Alfi
0 3.685

Lukisan Melting Memories-Rereading Landscape #2 (1) merupakan salah satu tema karya perupa seni lukis Indonesia, Jumaldi Alfi.

Melting Memories-Rereading Landscape #2 (1) – Jumaldi Alfi
  • Pelukis : Jumaldi Alfi
  • Judul : “Melting Memories-Rereading Landscape #2 (1)”
  • Tahun : 2012
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 385 cm x 225 cm

Deskripsi Lukisan Melting Memories-Rereading Landscape #2 (1)

Lukisan ini merupakan lukisan abstrak ekspresionis, kontemporer dengan bahan akrilik di atas kanvas.

Makna Lukisan

Dalam lukisan ini, pelukis menggambarkan salinan yang hati-hati dari lanskap “Hindia Belanda” bergaya Barat, yang dipresentasikan dalam sekumpulan bingkai konsentris. Meski dibuat dengan tangan, ini adalah bagian konseptual, yang dimaksudkan untuk memperkuat gagasan bahwa tidak ada yang “alami” tentang lukisan semacam ini.

Ini bukan jendela ke dunia melainkan bentuk yang memiliki ideologi partikalnya sendiri. Dalam seri Melting Memories, sang seniman mengandalkan gaya warna-warni “Mooi Indie” dan tema pastoral puitis. Lebih dikenal sebagai “Molek Indonesia”, genre ini sangat populer di masa penjajahan Belanda dan mencontohkan penglihatan nostalgia tentang Hindia Belanda dan bentang alamnya.

Dengan menempatkan fokusnya pada lukisan ‘Mooi Indie’, Jumaldi sedang memeriksa potensi akar sejarah seni lukis modern dan kontemporer Indonesia.

Dalam rangkaian penting “Melting Memories – Rereading Landscape Mooi Indie” yang mendekati gerakan modernis awal. Dengan pendekatan konseptual kritisnya tentang “Rereading Mooi Indie” yang kritis, Jumaldi Alfi menulis ulang sejarah seni yang mendukung seni kontemporer Indonesia, dengan mengklaim bagian sejarah seni dan budaya Indonesia ini kembali. Dengan menggunakan pendekatan baru, dia menggunakan kembali gerakan Mooi Indie, dengan menambahkan karya baru ke karya Mooi Indie yang ada.

Misalnya, dia menggambar dan membuat sketsa karya dan cat besar yang ada dari beberapa master Mooi Indie awal. Dengan itu dia mengklaim dan menulis ulang bagian modernisme Indonesia ini ke dalam sebuah bab kontemporer dari seni kontemporer konseptual Indonesia. Serialnya diakhiri sebagai sebutan sempurna untuk pameran Mooi Indie – Beautiful Indies.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Comments
Loading...