Lukisan “Menciptakan Perjalanan Hidup #1” Karya Rendy Pramudya

Menciptakan Perjalanan Hidup #1 - Rendy Pramudya
0 2.172

Lukisan “Menciptakan Perjalanan Hidup #1” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Rendy Pramudya.

Menciptakan Perjalanan Hidup #1 – Rendy Pramudya
  • Pelukis : Rendy Pramudya
  • Judul : “Menciptakan Perjalanan Hidup #1”
  • Tahun : 2015
  • Media : Oil on Canvas
  • Ukuran : 250 cm x 140 cm

Deskripsi Lukisan “Menciptakan Perjalanan Hidup #1”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya surealisme, abstrak, realisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat minyak di atas kanvas.

Perjalanan Karir

Karakteristik Lukisan

Untuk Rendy Raka Pramudya (lahir di Jakarta, 1992), menghadapi kanvas kosong adalah momen khusus dalam ritual melukisnya. Melukis bagi Rendy bukan melulu soal menciptakan gambaran-gambaran, melainkan tindakan melebur ke dalam proses yang lebih bermakna. Ia ingin menghayati melukis sebagai upaya untuk menghadirkan sesuatu dari sebuah kehendak yang ajaib, yang menurutnya seringkali tak dapat terjelaskan.

Media dan konsep Lukisan

Komposisi lukisan-lukisan Rendy cenderung seimbang dan menyiratkan suatu pengendalian. Mata kita diajak untuk menelusuri setiap rinci lukisan secara bebas, tanpa titik berangkat yang pasti kita bisa mulai dari atas ke bawah, kanan ke kiri, atau sebaliknya. Tak ada fokus maupun ruang yang kosong.

Perspektif dan gravitasi mengabur dalam bentuk yang berlapis-lapis dan proporsi objek yang serba ambigu. Spektrum warna lukisan-lukisan ini memang tak begitu kaya. Tapi ada dinamika yang muncul dari komposisi garis, bidang, warna dan noktah-noktahnya.

Sekilas elemen-elemen itu menyerupai pengulangan, meski sesungguhnya hanyalah varian. Struktur dalam lukisan-lukisan Rendy membawa penglihatan kita terombang-ambing antara kesan keteraturan dan kekacauan.

Lukisan-lukisan Rendy menunjukkan kepenuhan yang intens. Komposisinya memberikan kesan tentang ketakutan akan ruang kosong, sekaligus menunjukkan bagaimana dalam proses melukisnya yang spesifik otomatis, mengalir si pelukis menghindari kekosongan, untuk menjauhi kesan-kesan tentang momen jeda, momenmomen ketika ia berhenti menggerakkan kuasnya. Dalam kepenuhan semacam itu, gerakan kuas adalah representasi gerak waktu.

Citra-citra pada lukisan Rendy bukan saja representasi dari gerak waktu yang menghancurkan kekosongan, tapi juga mentransformasikannya ke dalam sesuatu yang lain.

Untuk memahami lukisan-lukisan Rendy sebagai repersentasi dari alam, bukan sebagai istilah yang digunakan untuk membanding-bandingkan citra lukisan dengan alam yang kita lihat sehari-hari, melainkan sebagai konsep tentang entitas yang bergerak, hidup, dan tumbuh bersama waktu.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/rendy-pramudya https://docplayer.info/amp/30322566-Transvertere-new-paintings-by-rendy-pramudya-2-april-20-april-2016.html
Comments
Loading...