Lukisan “Menong Bali Kuning” Karya Redha Sorana Sunarko

Menong Bali Kuning - Redha Sorana Sunarko
0 5.502

Lukisan “Menong Bali Kuning” merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Redha Sorana Sunarko.

Menong Bali Kuning – Redha Sorana Sunarko
  • Pelukis : Redha Sorana Sunarko
  • Judul : “Menong Bali Kuning
  • Tahun : 2011
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 70 cm x 70 cm

Deskripsi Lukisan “Menong Bali Kuning”

Lukisan ini merupakan lukisan dengan gaya abstrak, kontemporer, ekspresionisme. Dengan teknik melukis menggunakan media cat akrilik di atas kanvas. Lukisan ini menggambarkan boneka Menong dari Bali berwarna kuning. Menong memiliki arti perempuan cantik. Kulitnya kuning langsat, bibirnya kecil, beralis panjang, dan di kepala terdapat mahkota menyerupai sigar atau mahkota khas pakaian adat Lampung.

Karya-karya Redha Sorana berkisar pada persoalan bentuk belaka. Para pengamat golongan ini yakin bahwa identifikasi elemen spasial yang secara khas memberikan kontribusi pada sifat estetis yang kemudian memberikan daya tarik adalah perihal yang harus dipandang secara estetis.

Lukisan-lukisan ini oleh sejumlah kritikus atau pengamat seni sering dilihat melalui pendekatan formalisme. Mudah dimengerti, jika pendekatan formalisme dikenakan pada pembacaan karya Redha Sorana mengingat properti intrinsik pada karya Redha Sorana begitu kuat memukau mata.

Perjalanan Karir

Lebih dari sepuluh tahun, terhitung sejak awal 1990-an hingga setahun setelah Redha Sorana wafat, 9 Maret 2001, analisis terhadap karya-karya Redha Sorana berkisar pada persoalan bentuk belaka. Para pengamat golongan ini yakin bahwa identifikasi elemen spasial yang secara khas memberikan kontribusi pada sifat estetis yang kemudian memberikan daya tarik adalah perihal yang harus dipandang secara estetis.

Perjalanan kesenimanan seorang Redha Sorana adalah perjalanan yang dengan berterus-terang mengusung sejumlah muatan. Mulai dari menyoal carut-marut persoalan sosial-politik, hegemoni kebenaran ilmiah-akademik, keberpihakan kepada yang termarjinalkan, hingga cinta dan persahabatan. Redha Sorana, dengan demikian, adalah seniman yang menyuarakan suatu ideologi tertentu melalui karyanya. Seharusnya, ada suatu pendekatan tertentu yang dapat memperluas pembacaan terhadap karya-karya Redha Sorana, khususnya karya-karya yang digubahnya sejak awal tahun 1990-an.

Karakteristik Lukisan

Pecinta seni rupa Indonesia mengenal Redha Sorana melalui lukisannya: Boneka menong, kuda, ikan, kupu-kupu, dan burung kertas. Lukisan-lukisan ini oleh sejumlah kritikus atau pengamat seni sering dilihat melalui pendekatan formalisme. Mudah dimengerti, jika pendekatan formalisme dikenakan pada pembacaan karya Redha Sorana mengingat properti intrinsik pada karya Redha Sorana begitu kuat memukau mata. Sejurus dengan itu, wajar pula jika para pengamat lukisan Redha Sorana mengabaikan ‘apa yang dihadirkan’ dari lukisan Redha Sorana, dan memfokuskan analisisnya pada ‘apa yang ditampilkan’.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source https://indoartnow.com/ https://indoartnow.com/artists/redha-sorana https://www.proz.com/profile/1081864?show_mode=profile&float=&no_arrows=y&forceview=&show_mode=portfolio
Comments
Loading...