Lukisan “Meta Connection” (Sigit Pardiyanto)

Meta Connection - Sigit Pardiyanto
0 2.694

Lukisan Meta Connection merupakan salah satu tema karya perupa seni lukis Indonesia, Sigit Pardiyanto.

Meta Connection – Sigit Pardiyanto
  • Pelukis : Sigit Pardiyanto
  • Judul : “Meta Connection”
  • Tahun : –
  • Media : Watercolor and Ink On Paper
  • Ukuran : 9.8 H x 13.8 W x 0 in

Deskripsi Lukisan Meta Connection

Lukisan ini merupakan lukisan  fine art, konseptual dengan gaya illustration. Dengan teknik melukis menggunakan bahan campuran di atas kertas.

Dalam lukisan ini, pelukis menggambarkan imajinasinya tentang betapa kerasnya pelukis mengatur kedua sisi iblis dan sisi malaikatnya.

Makna Lukisan

Dalam hidup itu selalu ada dua sisi yang beriringan, ada yang bertolak belakang, ada pula yang sejajar. Seperti ada siang pasti ada malam, ada kanan pasti ada kiri, ada laki-laki dan ada perempuan, ada masalah dan ada anugerah serta lainnya.

Kehidupan memang sebuah misteri yang takkan pernah terpecahkan dengan utuh seperti saat di satu sisi seseorang manusia mempunyai masalah, di sisi lain mengalir sebuah inspirasi yang membuatnya mampu berkarya. Atau seorang pelajar yang mendapatkan juara kelas namun disaat bersamaan ia punya masalah dengan temannya. Atau seorang perempuan atau laki-laki mempunyai masalah dalam pernikahannya namun di sisi profesi profesionalnya ia mendapatkan hasil yang baik dan lain-lain.

Kekurangan atau kelebihan bukan terbatas pada kekurangan atau kelebihan fisik tubuh ataupun kemampuan dan bakat/ talenta manusia. Tapi lebih luas lagi, yaitu pada kehidupan manusia secara utuh. Dari bagamana manusia melalui hidupnya, yangkan menghadapi masalah ataupun anugerah. Bahwa di balik sebuah masalah dalam hidup seorang manusia akan ada anugerah dalam hal yang lain padanya.

Kalimat “dibalik kesukaran pasti ada kemudahan”, itu bukan terbatas pada masalah yang sama. Bisa jadi di saat yang bersamaan manusia itu memiliki masalah atau kesukaran di suatu hal, maka mungkin ada kemudahan baginya di hal lainnya. Dan begitupun jika manusia menempatan pada keadaan sebaliknya, bahwa di saat ia mendapatkan kemudahan di sebuah hal maka mungkin ada juga kesukaran dan masalah yang harus dihadapi di hal lainnya.

Dari semua hal itu, maka manusia harus selalu menyadari bahwa manusia dan kehidupan di dunia itu tidaklah sempurna. Tidak ada kebahagiaan yang sempurna, kesedihan sempurna, kemudahan sempurna, kesukaran sempurna, kebaikkan sempurna, keburukkan sempurna, kebenaran yang sempurna, yang dimiliki manusia di dunia. Yang sempurna hanya Tuhan Sang Empunya bersama semua kasih sayangNya, kehendakNya, ciptaanNya dan semua yang ada dan milikNya. Termasuk pada 2 sisi yang beriringan dalam hidup manusia yaitu masalah dan anugerah, yang Dia berikan dan yang pasti sempurna dengan segala rahasia keindahan untuk menjadikan makhlukNya begitu istimewa dimataNya.

Keduanya adalah refleksi kehidupan. Ada si kaya dan ada si miskin, ada sisi sulit dan ada sisi mudah. Namun dibalik penciptaan antara keduanya, Tuhan menyelipkan hikmahnya tersendiri.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-meta-connection/973599/4042755/view http://www.ilmair.com/2010/03/2-sisi-yang-beriringan-dalam-hidup.html?m=1
Comments
Loading...