Lukisan “Minang Dance” (Afriani)

Minang Dance - Afriani
0 212

Lukisan Minang Dance merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Afriani.

  • Pelukis : Afriani
  • Judul : “Minang Dance”
  • Tahun : –
  • Ukuran : 31.5 H x 31.5 W x 2.8 in
  • Media : Oil on Canvas

Deskripsi Lukisan Minang Dance

Lukisan ini merupakan sebuah gambaran salah satu tarian asli Indonesia yaitu tari Minang dari Padang, Sumatera Barat.

Makna Tersirat

Secara garis besar ada tiga macam tarian rakyat Minangkabau. Pertama, Tarian Pencak, yaitu tarian yang gerakan dan prinsipnya menyerupai pencak dan silat. Tarian ini terbagi menjadi tiga yaitu Tari Sewah, Tari Alo Ambek dan Tari Galombang.   Kedua, Tarian Perintang, yaitu tarian yang dilakukan pemuda-pemuda untuk kegembiraan dan perintang-rintang waktu. Tarian ini juga terbagi tiga yaitu Tari Piring,  Tari Galuak dan Tari Kabau Jalang. Ketiga, Tarian Kaba, yaitu tarian yang mengangkat tema cerita (kaba).

Tari Piring merupakan salah satu tarian minang yang terkenal. Tarian ini dipercaya telah ada sejak sekitar abad ke 12 Masehi, terlahir dari kebudayaan asli masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat. Tarian ini dulunya merupakan tarian persembahan bagi para dewa yang telah mengkaruniakan hasil panen yang berlimpah selama setahun. Perlu diketahui bahwa sebelum masuknya Islam, masyarakat Minangkabau mayoritas masih memeluk agama Hindu, Budha, dan sebagian Animisme.

Masuknya Islam ke tanah Sumatera pada abad ke 14 secara tidak langsung ikut mempengaruhi perkembangan tari piring. Semenjak ajaran Islam mulai dianut oleh mayoritas masyarakat, peruntukan tari piring pun berubah. Tari piring bukan lagi ditujukan sebagai tari persembahan bagi para dewa, melainkan hanya sebagai tontonan bagi masyarakat. Tarian ini dipertunjukan setiap kali ada acara hajatan sebagai hiburan semata. Dalam perjalanan sejarahnya, tari piring kontemporer mengalami banyak pembaruan, mulai dari musik yang mengiringinya, gerakan, koreografi, hingga komposisi pemain. Adalah Huriman Adam, seorang seniman tanah Minang yang telah berkontribusi besar pada kepopuleran tari ini di masa kini.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Informasi Lukisan Indonesia Afriani
Comments
Loading...