Lukisan “Monky” (Tanto Sutianto)

Monky - Tanto Sutianto
0 2.437

Lukisan Monky merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Tanto Sutianto.

Monky – Tanto Sutianto
  • Pelukis : Tanto Sutianto
  • Judul : “Monky”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic on Canvas
  • Ukuran : 29.5 H x 19.7 W x 1.6 in

Deskripsi Lukisan Monky

Lukisan ini merupakan lukisan still life dengan gaya modern. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Dalam lukisan ini, pelukis mencoba menggambarkan imajinasinya tentang monyet.

Makna Lukisan

Monyet adalah hewan hidup dan pandai. Ini memiliki ekor panjang, dua kaki, dan dua tangan. Monyet memiliki bulu yang sangat padat. Ini juga memiliki lengan panjang untuk memanjat. Monyet dan kera adalah primata. Semua primata dapat mencengkram sesuatu dengan tangan mereka. Banyak yang dpat mencengkram dengan kakinya juga. Dibandingkan dengan hewan-hewan lain, penciuman primata sangat buruk. Penglihatannya adalah indra paling penting mereka. Primata dapat melihat warna. Hampir semua spesies monyet yang ada kebanyakan hidup di daerah beriklim tropis atau subtropis. Monyet adalah binatang yang bisa duduk ataupun berdiri tegak.

Berpikir tentang monyet, ada beberapa sifat monyet yang bisa dijadikan gambaran dan pelajaran dalam kehidupan ini, yaitu :

1. Monyet berwatak semaunya dan berlagak pilon

Seekor monyet jika sudah mendapatkan makanan di tangannya, ia tak peduli lagi pada monyet-monyet lain di sekitarnya.

Ini adalah gambaran bagi orang atau pejabat yang tidak memperdulikan suara rakyat yang dulu mendukungnya untuk mencapai kursi kekuasaan.
Ibarat pepatah, lupa kacang pada kulitnya, yang bisa diartikan : karena sudah dapat kekuasaan, lupa pejabat akan rakyatnya.

2. Monyet tidak bisa diam

Seekor monyet tangan dan kakinya akan senantiasa bergerak walau sekedar menggaruk-garuk kepala.

Ini adalah gambaran bagi orang atau pejabat yang suka usil, ia tak lebih dari biang kerok yang pandai memancing keributan dan menambah permasalahan baru, bicara ceplas-ceplos tak tentu arah. Pendapatnya mencla-mencle tak bisa dijadikan pegangan.

3. Monyet pandai berakting

Jika monyet berakting di sirkus semua anak kecil senang, artinya monyet hanya pantas dijadikan penghibur bagi anak-anak kecil.

Ini adalah gambaran bagi orang atau pejabat yang tidak memiliki gambaran riil.
Ia naik ke kursi kekuasanaan bukan karena kemampuannya, tapi karena popularitas dan pendukung butanya.

4. Monyet sangat rakus

Seekor monyet, ketika ada kesempatan mengambil makanan, segera ia penuhi tangan kanan dan kirinya, bahkan kedua kakinya.

Ini gambaran bagi orang atau pejabat yang menggunakan aji mumpung. Tak ada lagi rasa malu dan risih mengeduk harta rakyat untuk dibagikan kepada keluarga dan kroni-kroninya.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-Monky/409866/1551991/view https://www.google.com/search?source=android-browser&q=sifat+monyet&sa=X&ved=2ahUKEwjTnt6io4rZAhULRo8KHd0NDPUQ1QIoAnoECBMQAw&biw=320&bih=453&dpr=1.5
Comments
Loading...