Lukisan “Natural Motion 2” (Rinaldi Syam)

Natural Motion 2 - Rinaldi Syam
0 3.501

Lukisan Natural Motion 2 merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Rinaldi Syam.

Natural Motion 2 – Rinaldi Syam
  • Pelukis : Rinaldi Syam
  • Judul : “Natural Motion 2”
  • Tahun : –
  • Media : Acrylic On Canvas
  • Ukuran : 70.9 H x 78.7 W x 2.4 in

Deskripsi Lukisan Natural Motion 2

Lukisan ini merupakan lukisan nature dengan gaya realisme. Dengan teknik melukis menggunakan akrilik di atas kanvas. Lukisan ini menggambarkan tentang landscape gerak alam, benda bergerak yang tertiup angin, benda itu terbang diatas tungku minyak dari kelapa.

Makna Lukisan

Angin merupakan suatu gerakan alam yang menjadi salah satu sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk kehidupan sehari hari. Banyak orang yang menggunakan angin sebagai sumber energi gerak seperti untuk mengeringkan pakaian yang basah, mengeringkan bahan makanan tradisional dan juga digunakan sebagai pembangkit listrik.

Salah satu kegunaan dari energi gerak pada angin adalah untuk menciptkan energi listrik. Energi angin yang mengenai kincir angin akan menggerakan turbin yang nantinya akan dikonversikan menjadi energi listrik untuk seluruh daerah di dekatnya.

Angin juga dikenal sebagai arus udara. Sebagian gymnosperma diserbuki oleh angin dan fenomena ini dikenal sebagai anemophily.

Angin membantu dalam penyebaran biji-bijian, buah-buahan, kista dan banyak hewan. Hewan-hewan bersayap sangat sedikit di daerah-daerah yang memiliki angin kecepatan tinggi.

Angin adalah aliran udara dalam jumlah yang besar diakibatkan oleh rotasi bumi dan juga karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya. Setiap hari kita bertemu dengan angin dan merasakan kedatangan angin. Angin ialah suatu udara yang bergerak dari daerah yang mempunyai tekanan tinggi ke daerah yang mempunyai tekanan rendah, atau dari daerah yang bersuhu rendah ke daerah yang bersuhu tinggi. Angin tidak dapat kita lihat, namun dapat dengan mudah kita rasakan.

Seperti halnya proses terjadinya hujan, angin ini juga tidak datang dengan sendirinya tanpa melalui suatu sebab tertentu. Adanya angin ini karena melalui suatu proses atau suatu siklus. Pada dasarnya, terjadinya angin adalah karena adanya perbedaan tekanan udara dari suatu wilayah ke wilayah lainnya. Perbedaan suhu udara dan tekanan udara ini juga berkaitan dengan panas matahari yang diterima oleh daerah tersebut.

Matahari yang memancarkan sinarnya tidak bisa menyinari dengan intensitas penyinaran yang sama antara satu tempat dengan tempat yang lainnya. Pastilah ada perbedaan di beberapa wilayah atau tempat perihal penerimaan sinar matahari ini. Nah, perbedaan radiasi atau cahaya matahari ini lah yang menjadi dasar terbentuknya angin. Dalam proses terjadinya angin, setelah terjadi perbedaan suhu dan tekanan selanjutya terjadi pengembangan udara auat pemuaian udara. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan tekanan atau suhu yang ada di suatu wilayah tersebut. Pada daerah yang mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak, udara akan mengalami pengembangan atau pemuaian, sehingga mempunyai tekanan udara yang lebih rendah dibandingakan dengan daerah yang hanya mendapatkan sedikit sinar matahari. Karena terjadinya pemuaian udara atau pengembangan udara ini, maka terjadi perbedaan tekanan udara diantara kedua daerah tersebut.

Adanya perbedaan tekanan udara yang diakibatkan oleh pemuaian udara ini akan memicu terjadinya pergerakan pada udara. Udara yang berada di daerah dengan tekanan lebih tinggi akan bergerak menuju daerah yang mempunyai tekanan udara lebih rendah. Sehingga dapat dikatakan bahwa daerah yang mendapatkan sinar matahari rendah akan lebih mempunyai banyak angin menuju daerah yang lebih panas. Dan inilah akhir dari proses terjadinya angin, dan terbentuklah angin.

Itulah proses terjadinya angin dari asal sinar matahari hingga terbentuklah angin. Proses tersebut terjadi secara berurutan tanpa ada satu yang terlewati.

Gerakan angin memang merupakan sebuah gerakan alam, namun hal itu bisa dijelaskan secara ilmiah. Kita sebagai manusia wajib menjaganya. Karena selain memiliki manfaat baik bagi kehidupan manusia, ia juga bisa memberikan dampak negatif jika kita semena-mena kepada alam.

Itulah sedikit tentang angin sebagai gerakan alam yang menjadi inspirasi dalam lukisan ini.

Semoga bermanfaat bagi Anda para pecinta seni lukis Indonesia.

Source Saatchiart.com https://www.saatchiart.com/art/Painting-natural-motion/350205/1437661/view https://ilmugeografi.com/fenomena-alam/proses-terjadinya-angin
Comments
Loading...